Delapan Desa di Cikampek Kehilangan Lahan Pertanian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Delapan Desa di Cikampek Kehilangan Lahan Pertanian

Delapan Desa di Cikampek Kehilangan Lahan Pertanian

Written By Mang Raka on Jumat, 09 Juni 2017 | 13.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Banyaknya lahan pertanian yang berubah menjadi perumahan serta bangunan kosa-kosan, mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Karawang. Sama halnya dengan wilayah yang berada di Kecamatan Cikampek.
Wajah kecamatan yang mempunyai 10 desa itu, sudah banyak berubah. Itu tidak dipungkiri karena semakin luas pula lapangan pekerjaan di Cikampek. Misalnya pembangunan kawasan area industri. Maka tak heran jika masyarakat memanfaatkan peluang tersebut dengan membangun sebuah perumahan maupun kos-kosan. "Semakin banyak lapangan pekerjaan, semakin banyak pula jumlah pendatang ataupun penduduk," kata Kasi Pemerintah Kecamatan Cikampek H Hendi Suharyadi saat berbincang dengan Radar Karawang.
Menurutnya, hal tersebut juga tidak bisa dihindari. Sebab, kini Kota Pangkal Perjuangan yang dikenal sebagai kota lumbung padi, juga dikenal sebagai kota industri. Namun sungguh disayangkan jika pribumi tidak memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kata dia, warga Karawang hanya sebagai penonton di tanah kelahiran. "Jangan salah loh di wilayah Kecamatan Cikampek sudah ada 20 lebih perumahan. Belum lagi bangunan kos-kosan lainnya itu. Berarti semakin bertambah pula jumlah penduduknya," terangnya.
Dia melanjutkan, kondisi tersebut juga berimbas pada lahan pertanian yang semakin berkurang. Jika dilihat dari data kecamatan, dari sepuluh desa yang berada di wilayah Kecamatan Cikampek, hanya ada dua saja yang masih memiliki lahan pertanian. "Bayangkan jika 5 tahun sampai 10 tahun ke depan, jika semua lahan dimanfaatkan hanya untuk pembangunan kota industri dan pembangunan perumahan," tuturnya.
Dia berharap ada pemerataan serta keseimbangan pemerintah dalam mementukan masa depan Kabupaten Karawang. Seperti halnya Karawang selatan yang kabarnya akan dijadikan sebuah lahan perindustrian. Jika semua sektor pertanian dirubah menjadi industri, apa yang akan menjadi mata pencaharian masyarakat Karawang yang didominasi oleh para petani. "Solusinya ya kita sendiri mau seperti apa. Kita harus persiapkan dari sekarang," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template