Dari Satu Keluarga untuk Kepentingan Umat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dari Satu Keluarga untuk Kepentingan Umat

Dari Satu Keluarga untuk Kepentingan Umat

Written By Mang Raka on Selasa, 20 Juni 2017 | 12.00.00

Masjid Kaca, Tempat Itikaf Favorit

KLARI, RAKA - Bagi anda yang melintasi jalur Karawang-Klari-Cikampek nampaknya rugi jika tidak mampir ke Masjid Kaca atau Masjid Raya Al Kasiah. Karena sepanjang jalan raya Karawang-Cikampek, hanya ada satu masjid yang representatif bagi musafir untuk melakukan ibadah, baik itu salat, tadarus bahkan itikaf.
Masjid yang berada di Desa Klari, Kecamatan Klari itu, merupakan masjid yang dibangun oleh keluarga Wongserjo pada tahun 1996. Meski milik keluarga, tetapi masjid tersebut dibuka untuk umum. "Ini masjid keluarga, jadi pengurusnya keluarga," kata salah seorang keluarga yang bisa ditemui Radar Karawang, Cecep (53), Senin (19/6).
Dia mengatakan, nama yang diberikan oleh keluarga terhadap masjid tersebut adalah Al Kasih. Nama tersebut diambil dari nama istri Wongserjo yang merupakan pemilik tanah komplek masjid tersebut. "Waktu dibangunnya habis sekitar Rp 2 miliaran," katanya.
Cecep menuturkan, masjid tersebut menjadi salah satu masjid yang tergolong paling banyak disinggahi umat muslim yang sedang dalam perjalanan. Mereka mayoritas mampir untuk melakukan salat atau itikaf. "Apalagi di bulan Ramadan, musafir (orang yang dalam perjalanan) yang mampir sangat banyak," ujarnya.
Ditambahkannya, di bulan puasa bahkan sudah ada beberapa komunitas yang melakukan buka puasa bersama di masjid tersebut. Dia juga mempersilahkan bagi siapa saja yang mau mampir atau mau melakukan buka puasa bersama di masjid tersebut. "Kemarin juga ada klub motor yang buka puasa di sini. Kami persilahkan yah. Asalkan tertib," tambah Cecep.
Sementara salah seorang jamaah yang mampir di masjid tersebut, Andi, mengaku hampir dipastikan setiap dirinya melewati wilayah Karawang selalu mampir di masjid tersebut. Apalagi jika berangkat hari Jumat, selalu jumatan di masjid tersebut. "Banyak orang menyebutnya masjid kaca yah. Tempatnya enak. Nyaman, bersih, makanya saya sering mampir ke sini," ujar warga Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek itu.
Menurutnya, masjid tersebut memang menjadi masjid favorit para musafir. Terlebih di bulan Ramadan seperti saat ini. Disamping tempat parkirnya luas, tempat wudu dan toiletnya pun bersih. "Kontruksi bangunannya juga bagus, luas, nyaman untuk istirahat juga. Makanya sambil itikaf," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template