Dana Bagi Hasil Cair Sebelum Lebaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Bagi Hasil Cair Sebelum Lebaran

Dana Bagi Hasil Cair Sebelum Lebaran

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Juni 2017 | 13.00.00

CILAMAYA, RAKA - Bagi pemerintah desa yang selesai mengajukan Dana Bagi Hasil (DBH) tahap 2 tahun 2016, Senin (12/6) kemarin dan tanpa kesalahan. Siap-siap bakal diguyur dana hasil pajak dan retribusi daerah sebelum Idul Fitri. Namun sebaliknya, dana tersebut belum akan diproses pencairannya, jika ajuannya melewati tanggal 12 Juni.
Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Karawang Budiman Ahmad membenarkan hal itu. Selain Alokasi Dana Desa (ADD) yang mulai dikejar laporan dan pencairannya adalah sisa DBH tahap 2 tahun 2016. "Siap cair sebelum Idul Fitri, karena duit sudah ada di DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah)," ungkap Budiman kepada Radar Karawang, Selasa (13/6) kemarin.
Tapi tidak semua desa bisa mendapatkan DBH sebelum lebaran, karena kata Budiman, hanya desa-desa yang mengajukan proposal dan sudah menyelesaikan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) DBH tahap 1 tahun 2016 sebelum tanggal 12 Juni. Jika melewati tanggal itu, DPMPD tetap akan menerima ajuannya, tapi tidak akan menjamin pencairan sebelum lebaran. Pasalnya, proses verifikasi dan pengecekan di internal DPMPD juga butuh waktu yang tidak sebentar. Apalagi format proposal yang diajukan per 12 Juni, masih ada yang salah dan harus dibuat ulang. "Insya Allah, kalau ajuannya gak lewat 12 Juni kemarin tanpa kesalahan, sebelum Idul Fitri juga sudah cair," katanya.
Budiman menambahkan, diberlakukannya limit waktu agar pemerintah desa bisa cepat menyelesaikan SPJ dan mengajukan proposal. Pasalnya, DBH tahap 1 tahun 2017 akan kembali dimulai pembahasannya sekitar September-Oktober. Karena menghimpun dana dari pajak dan retribusi biasanya di bulan-bulan itu, kemudian dicairkan mendekati akhir tahun. "DPMPD hanya sebagai instansi teknis, karena soal perhitungan, besaran dan nominal setiap tahunnya adalah dari DPPKAD. Ada kenaikan atau tidak, DPPKAD yang hapal," ungkapnya.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Cilamaya Wetan H Udin Abdul Gani mengatakan, ajuan DBH tahap 2 tahun 2016 sudah dilayangkan ke DPMPD. Namun dari 11 desa, baru 5 desa saja yang sudah masuk. Ia merinci selain Rawagempol Wetan, juga ada Desa Rawagempol Kulon, Sukakerta, Mekarmaya dan Cikalong. Diperkirakan, sebut Udin, DBH ini akan cair sebelum Idul Fitri. "Semoga saja memang cair sebelum Idul Fitri," harapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template