Calo KTP dan KK Urusan Saber Pungli - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calo KTP dan KK Urusan Saber Pungli

Calo KTP dan KK Urusan Saber Pungli

Written By ayah satria on Senin, 12 Juni 2017 | 16.09.00

KARAWANG, RAKA - Momentum menjelang lebaran dimanfaatkan para calo untuk melalukan aksinya. Sayangnya untuk bisa membuktikan aksi tersebut amatlah sulit karena tidak meninggalkan barang bukti.
Pantauan Radar Karawang di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang, Jumat (8/6) aksi calo kembali marak menjelang lebaran. Baik pemain lama yang memang sudah terbiasa menjadi calo sebelumnya yang ada dilingkungan Disdukcatpil, maupun aparat desa yang terlihat juga ikut membuat dokumen kependudukan dengan berkas lebih dari satu.
Aksi calo sendiri satu minggu ini kelihatan masif, terlihat dari aktifitas yang bisa dipantau dari kejauhan oleh pandangan mata. Namun demikian memang untuk bisa membuktikan secara nyata adanya transaksi keuangan agak susah. Sekertaris Disdukcapil Karawang Jajat Kusnandi, saat dimintai tanggapan terkait maraknya kembali calo dilingkungan Disdukcatpil Karawang mengatakan untuk saat ini sudah jelas aturan mainnya. Dimana para petugas didisdukcatpil dilarang menerima upeti apapun dari hasil pengurusan dokumen kependudukan. "Kita sudah instruksikan secara jelas, para petugas dilarang menerima upeti dalam bentuk apapun, karena proses pembuatan dokumen kependudukan gratis," ungkap Jajat.
Dikatakan Jajat, sepengetahuan dirinya sejak diberlakukan instruksi tersebut, aksi calo berkurang. Meski terkadang masyarakat sendiri yang akhirnya terus memanfaatkan jasa mereka (calo). Namun demikian, Jajat mengatakan jika memang terbukti ada bawahannya masih bersikap seperti sebelumnya menerima upeti itu nanti akan menjadi urusanh tim sapu bersih pungli (Saber Pungli). "Kita setiap apel selalu mengingatkan untuk tidak melakukan pungli apapun alasannya," terang Jajat.
Jajat menegaskan, sejak Januari 2017 kemarin, ada larangan atau instruksi untuk tidak menerima upeti. "Dulu memang ada administrasi yang diterapkan, sehingga ada pemasukan kepada kantor. Tapi dengan aturan yang baru dan adanya tim saber pungli yang secara nasional diberlakukan. Maka instruksi untuk pungutan pun tidak diperbolehkan, jika masih ada itu pelanggaran," jelasnya.
Saat Radar Karawang mempertanyakan kadar atau intensitas calo di Disdukcatpil sebelum ada saber pungli dengan sekarang, Jajat mengakui kalau saat ini sudah relatif aman, namun memang dilapangan susah ditebak. "Untuk intensitas pasti turun, tapi aksi mereka memang susah dipantau secara langsung. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template