Calo Berkeliaran Manfaatkan PPDB Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calo Berkeliaran Manfaatkan PPDB Online

Calo Berkeliaran Manfaatkan PPDB Online

Written By ayah satria on Senin, 12 Juni 2017 | 16.13.00

CIKAMPEK, RAKA - Ancaman pemerintah ternyata tidak membuat ciut oknum yang ingin memanfaatkan pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).
Penelusuran Radar Karawang saat penerimaan berlangsung kemarin di SMKN 1 Cikampek, masih ada oknum yang berkeliaran dengan mengiming-imingi calon untuk masuk ke sekolah tersebut.
Fajar misalnya, salah satu siswa SMPN di Kotabaru ini mengaku bahwa ketika tidak lulus dalam pendataftaran secara online nanti dirinya tetap tenang-tenang saja. Karena sudah mendapatkan kenalan dari seseorang yang bisa memuluskan jalannya untuk bisa sekolah sesuai dengan impiannya. "Di kampung saya mah udah nggak aneh kalau masuk sekolah harus bayar, solanya kalau masuk sekolah favorit ya gitu banyak saingannya, tapi kalau sekarang daftar aja dulu. Kalau nggak masuk baru katanya," ujarnya di sekitar sekolah.
Uang yang dijanjikan untuk memuluskan jalannya antara dua sampai tiga juta rupiah. "Macem-macem sih, kalau masuk sekolah disini dua sampai tiga juta. Kalau di sekolah lain beda lagi itu teh, percaya soalnya tetangga saya aja dulu masuk lewat orang itu," tuturnya.
Menurutnya hal tersebut emang bukanlah hal yang aneh lagi bagi setiap kalangan pelajar di sekolah, bahkan hampir banyak teman-temannya itu masuk lewat orang yang menjanjikan bisa memasukan siswa ke sekolah itu. " Udah ngg aneh a tahun lalu aja banyak da," ucapnya.
Hal tersebut pernah dialami oleh salah satu alumni SMKN 1 Cikampek angkatan tahun 2012, Hamdani. Dia mengaku bahwa dirinya dulu pernah menggunakan jasa seseorang untuk bisa masuk ke sekolah yang diinginkannya. "Nggeus teu aneh, urang ge baheula asup make duit dua juta (sudah gak aneh, saya aja dulu masuk pakai uang dua juta)," katanya.
Sementara saat hendak ditemui di sekolahknya, Kepala SMKN 1 Cikampek Makmur MPd tengah tidak berada di sekolah. "Saya lagi di Lembang Bandung yan, nanti aja ke sekolah lagi," ujarnya melalui pesan singkat.
Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang Nandang Mulyana dari jauh-jauh hari menyampiakan bahwa bagi kepala sekolah atau siapa saja yang terlibat dalam PPDB online nanti akan dikenakan sanksi yang setimpal. "Saknsinya bisa dipecat kalau ada oknum kepala sekolah maupun guru yang bermain saat PPDB nanti," ujar Ketua PGRI Karawang itu. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template