Buat DED Jalur Lingkar Timur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buat DED Jalur Lingkar Timur

Buat DED Jalur Lingkar Timur

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Juni 2017 | 14.00.00

*Elievia: Tanpa DED Cuma Omong Kosong

KLARI, RAKA - Detail Engineering Design (DED) pembangunan Jalan Lingkar Timur yang akan digarap konsorsium pengembang perumahan di Karawang didesak untuk segera dibuat. Pasalnya jika hanya disampaikan secara lisan atau dalam rapat-rapat saja, maka pembangunan tidak akan terealisasi.

Ketua Komisi C DPRD Karawang Elievia Khrissiana ST mengatakan itu, Selasa (13/6). Tanpa menyebutkan nama-nama dinas terkait yang bertanggung jawab membuat Detail Engineering Design nya dia mendesak agar secepatnya kebutuhan tersebut dibuat. Tanpa adanya DED makan rencana itu cuma sebatas omong kosong. "Harus segera buat DED nya, PUPR memang sudah bicara soal itu (Jalur Lingkar Timur oleh konsorsium) ke kami (Komisi C)," ujar Elievia.
Dia menyampaikan, kondisi kemacetan di jalur arteri Purwasari - Klari memang harus segera diatasi. Jangan sampai terus berlarut-larut sehingga warga merasa tidak ada perhatian dari pemda. "Kalau kami ingin cepat. Makanya kami akan dorong terus," ujarnya.
Segala bentuk kajian yang berkaitan dengan pembangunan harus benar-benar tuntas, kata Elievia. Jangan sampai pembangunan yang seharusnya menjadi solusi. Malah menjadi permasalahan baru. Terlebih, diruas jalan tersebut bukan hanya diatas tanah perumahan, melainkan ada tanah warga yang harus dibebaskan. Dengan demikian proses pembebasannya juga harus sudah mulai dilakukan pendekatan terhadap warga dalam waktu dekat ini. "Jadi nanti kalau sudah mulai pembangunan tidak ada lagi hal-hal yang menghalangi," ujarnya.
Sebelumnya diberitakan, Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Asep Hazar menyampaikan PUPR memiliki program jangka panjang untuk merubah perwajahan Karawang terutama diperkotaan. Diantaranya akan dibukanya akses jalan-jalan baru untuk mengikuti perkembangan volume kendaraan yang terus bertambah di karawang. "Akan ada Lingkar Barat. Kalau Lingkat Utara yang sekarang disebut Jalan Baru. Terus ada Lingkar Timur yang meliputi Klari," bebernya.
Khusus untuk jalan Lingkar Timur, dibentuk konsorsium yang terdiri dari tujuh pengembang perumahan. Karena diwilayah itu terdapat banyak perumahan yang bisa disatukan untuk bisa membuka akses baru. Bahkan direncanakan setelah adanya jalan baru di Lingkar Timur, direncanakan akan ada flyover yang terus membentang dari daerah Pancawati sampai jalan tol KM 60. Itu berarti akan ada gerbang tol baru nantinya.
Bahkan direncanakan flyover tersebut juga melintasi tol bisa sampai ke daerah Ciampel. Karena rencananya didaerah Ciampel itu akan dibangun bandar udara (bandara).
"Ini bisa memakan waktu selama 30 tahun kedepan. Tapi khusus untuk akses Lingkar Timur, kami intens melakukan komunikasi dengan konsorsium," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template