Berumur 599 Tahun, Masjid Agung Tetap Kokoh - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berumur 599 Tahun, Masjid Agung Tetap Kokoh

Berumur 599 Tahun, Masjid Agung Tetap Kokoh

Written By Mang Raka on Sabtu, 03 Juni 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Siapa yang tidak tahu Masjid Agung. Masjid tertua di Kabupaten Karawang, yang berlokasi di Alun-alun Barat Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, ini tidak lepas dari sosok Syech Qurotul Ain Putra dari Syech Yusuf Sidik Waliyullah asal Malaka. Penyebar agama Islam pertama di Karawang.
Masjid yang dulunya merupakan musala kecil itu, dibangun tahun 1418 Masehi. Berbentuk bangunan joglo memiliki empat tiang utama. Dan beratap Limas bersusu tiga yang melambangkan Iman, Islam dan Ihsan. Seiring waktu, masjid yang kini luasnya 2.230 meter semakin kokoh. Kegiatan-kegiatan syiar Islam semakin semarak, terutama pada bulan Ramadan.
Penjaga Masjid Agung Karawang, Jaja mengatakan, sedikitnya ada delapan kegiatan rutin selama Ramadan. Yaitu salat fardu berjamaah, salat tarawih berjamaah, pengajian atau tausyiah setalah salat zuhur, buka bersama, tadarusan, itikaf, peringatan nuzulul Quran, dan gebyar Ramadan. "Setiap hari ramai. Apalagi menjelang buka puasa dan saat tarawih," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Bukan hanya itu, masjid yang menjadi saksi bisu Nyi Subang Larang menimba ilmu agama dan menikah dengan Prabu Siliwangi, kini banyak dibidik oleh kelompok masyarakat yang ingin buka puasa bersama. "Banyak acara dadakan seperti iklan untuk buka bersama. Juga biasanya suka ada dari sponsor atau iklan," kata Jaja.
Diketahui, selama berdiri, sudah tiga kali masjid ini berubah arsitektur dan kali keempatnya di tahun 2010. Sejarah detailnya ada dalam catatan buku sejarah Kabupaten Karawang dari tim penulis Prof Dr Nina Herlina Lubis M.s. "Masjid ini berdiri sejak syeh Quro datang, banyak tokoh yang merehabilitasi masjid Agung dari tahun ke tahun, ini merupakan masjid tua, lebih tua dari Masjid Demak," ujar Budayawan binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang Engkos Kosasih. (apk/psn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template