Batas Waktu Cetak KK 14 Hari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Batas Waktu Cetak KK 14 Hari

Batas Waktu Cetak KK 14 Hari

Written By ayah satria on Senin, 12 Juni 2017 | 15.40.00

KARAWANG, RAKA - Batas waktu pencetakan Kartu Keluarga (KK) 14 belas hari dijadikan modus untuk melakukan aksi percaloan di lingkungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil disdukcatpil) Kabupaten Karawang. Biasanya waktu pencetakannya dimolorkan hingga satu bulan bahkan bisa lebih, sementara warga yang mengurus ingin kelengkapan administrasi kependudukannya cepat selesai. Sehingga muncul istilah sama-sama enak dengan biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh warga yang mengurus.
Seperti diungkapkan Ahmad Muhamad Soleh, warga Desa Langensari, Kecamatan Cilamaya Kulon. Diri sedang melakukan kepengurusan suket (Surat Keterangan) pengganti KTP atas nama istrinya. "Saya sudah mengurus suket KTP istri, yang sebelumnya tinggal di Tegal dan sekarang pindah ke Langensari, Cilamaya Kulon. Tadi ada masalah katanya NIK istri saya yang ada di KTP elektronik salah, dan harus mengurus kembali ke Tegal untuk memperbaiki. Karena saya keberatan dengan alasan repot dan jauh, makanya saya melakukan negosiasi dengan mengatakan kalau harus mengurus kejauhan, bagaimana kalau saya bayar untuk bisa mendapatkan suket KTP istri saya," ungkap Ahmad.
Ahmad mengatakan itu akhir pekan (10/6) kemarin dihadapan rekan-rekannya yang juga sama-sama sedang mengurus pembuatan suket KTP. Dikatakannya, selain sudah mengurus suket KTP, ia juga sedang mengurus Kartu Keluarga (KK) yang sudah didapat dari kecamatan berupa KK draf dan ingin mencetaknya di Disdukcatpil. "Saya sudah mengurus KK untuk dicetak, namun ternyata tidak bisa hari ini selesai, dan tertera di KK Draf kalau selesainya satu bulan mendatang yaitu tanggal 8 bulan Juli tahun 2017," akuinya.
Ditambahkannya, karena merasa kelamaan juga akhirnya muncul ide yang sama untuk mencoba meminta keringanan agar bisa selesai dihari itu juga (Jumat 9 Juni 2017). "Saya mencoba menegosiasi dengan berbagai alasan dan iming-iming berapapun dibayar. Dengan usaha tersebut dan berusaha mengejar orang dalam yang tadi mengurus KK, akhirnya ada kesepakatan akan bisa diambil setelah Jumatan," akui Ahmad lagi.
Sebagai bukti kalau ada kesengajaan untuk cetak KK membutuhkan waktu satu bulan, warga asal Kalangsurya Rengasdengklok, Jajang mengakui untuk cetak katanya bisa selesai ditanggal 6 bulan Juli tahun 2017 . "Saya bisa cetak KK bulan depan kang, sambil memperlihatkan KK draf yang sudah diparaf dan diberi tanggal pengambilan hasil cetak," kepada Radar Karawang.
Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang Jajat Kusnandi ketika dikonfirmasi mengakui kalau untuk pencetakan KK maksimal selesai 14 hari kerja. "Untuk lama pencetakan tidak satu bulan, kalau memang bener petugas mengatakan satu bulan itu salah, dan warga bisa protes. Karena hal tersebut sudah sesuai aturan yang ada untuk batas selesai pencetakan KK maksimal 14 hari," kata Jajat.
Saat ditanyai adanya oknum petugas Disdukcatpil yang bermain, Jajat mengatakan hal tersebut sudah salah. Karena alasan apapun tidak bisa dibenarkan menerima imbalan apapun dari warga yang mengurus dokumen kependudukan. "Pengurusan dokumen gratis tidak ada biaya apapun, dan petugas sudah dijelaskan tidak boleh menerima imbalan apapun," tegas Jajat. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template