Anjal dan Gepeng Membengkak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anjal dan Gepeng Membengkak

Anjal dan Gepeng Membengkak

Written By Mang Raka on Rabu, 07 Juni 2017 | 12.30.00

*Jumlahnya Meningkat Tiga Kali Lipat Selama Ramadan

KARAWANG, RAKA - Dinas Sosial Karawang tidak menampik selama bulan puasa ini gelandangan dan pengemis (gepeng) maupun anak jalanan (anjal) mengalami pembengkakan. Terlebih menjelang lebaran nanti. Sementara, dinas itu sendiri berencana akan melakukan operasi dalam waktu dekat.

"Bukanlah hal yang tidak mungkin jika di bulan suci ramadan keberadaan gelandangan pengemis serta anak jalanan jumlahnya membengkak, bahkan bisa berkali-kali lipat. Apalagi menjelang H-10 mendatang," ujar Kabid Rehabilitasi Sosial Asep Akhmad S, Selasa (6/6).
Kemungkinan adanya anak jalanan asal luar Karawang yang berkeliaran di Karawang, Asep sendiri mengaku pihaknya sempat menangkap anak jalanan asal Propinsi Aceh. Jumlah mencapai empat orang. "Mereka ini (anjal dan gepeng, red) berasal dari luar Karawang. Dari delapan orang yang kita razia empat diantaranya anjal asal Aceh," ujar Asep menuturkan hasil operasi yang digelar belum lama ini.  Menurut Asep baik anjal maupun gepeng itu merupakan anjal dan gepeng-gepeng musiman yang datangnya setahun sekali disaat memasuki bulan ramadan dan lebaran.
Ia mengatakan, keberadan gelandangan dan pengemis sudah cukup meresahkan dengan keberadannya, selain jumlahnya yang terus bertambah, juga saat ini sudah cukup membuat Dinsos harus bekerja keras menanggulanginya. "Kita punya anggaran peruntuannya dilakukan untuk pembinaan di Cikampek agar menguatkan mental keagamaan dan keterampilan sehingga kita bisa memfasilitasi mereka agar bisa mandiri," tuturnya.
diitanya mengenai rumah singgah bagi anjal dan pengemis di Karawang, Asep menuturkan pihaknya sudah mengkonsepkan jika ditahun 2018 mendatang akan membuat rumah singgah di kantornya saat ini, dengan posisi Dinas Pindah di daerah Kepuh. "Kita tunggu di Acc oleh pemda jika diberikan kantor ini kita akan jadikan rumah singgah," tuturnya.
Sementara itu Sekretaris Satpol PP Karawang, Rahmat Gunadi menyampaikan, pihaknya siap laksanakan tugas untuk melakukan rajia diwilayah kerjanya, namun saat ini tinggal menunggu kesiapan pihak lainnya seperti Dinsos dan lainnya, untuk bisa menampung serta memberdayakan gepeng serta anjal untukdiberdayakan. "Kita minggu inipun siap, tinggal Dinsos saja, sebab kita akan data jika seketika dilakukan razia kembali dan ditemukan orang yang sama kita salahkan Dinsos, tapi kemarin sudah ada pembicaraan katanya mereka siap," tuturnya saat ditemui diruang kerjanya.
Gunadi sangat menyayangkan jika gejala sosial dimasyarakat sampai saat ini masih sama seperti lingkaran setan, karena sampai saat ini persoalan Karawang mengenai anjal dan gepeng belum sepenuhnya bisa diatasi. "Sekarang gepeng dan anjal gampang ditemui disetiap lampu merah saja pasti ada di Karawang ini, aksi harus intensif dan hal itu harus siap dinas yang terkait seketika sudah dilakukan razia, terutama dinas sosial yang harus bertanggung jawab," tuturnya. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template