Anak di bawah 13 Tahun Dilarang Masuk RSUD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak di bawah 13 Tahun Dilarang Masuk RSUD

Anak di bawah 13 Tahun Dilarang Masuk RSUD

Written By ayah satria on Selasa, 06 Juni 2017 | 20.29.00

KARAWANG, RAKA - Kedisiplinan dan konsistensi menjalankan peraturana agaknya masih harus dibenahi di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang. Buktinya kendati sudah ada aturan yang melarang membawa anak dibawah usia 13 tahun ke lingkungan rumah sakit itu, namun hal itu tetap terabaikan. Banyak keluarga pasien yang membawa anaknya ke rumah sakit.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, Senin (5/6) terdapat banyak anak kecil dibawa orang tuanya yang kebetulan menjadi pasien RSUD dilayanan rawat jalan. Entah mereka mengetahui ada peraturan larangan membawa anak dibawah usia 13 tahun ke RSUD atau tidak, yang jelas ketika ditanyakan perihal itu hanya menjawab terpaksa membawa anaknya karena tidak ada yang menjaga.
Seperti diaukui Hopipah (35) pasien rawat jalan yang bawa anaknya yang berusia dibawah 13 tahun mengatakan kalau dirumah tidak ada yang bisa dititipi jadi terpaksa dibawa berobat. "Kalau ditinggal di rumah tidak ada yang bisa menjaga jadi saya bawa," kata Hopipah.
Hopipah sendiri sebetulnya sudah mengetahui ada peraturan yang melarang membawa anak dibawah usia 13 tahun ke rumah sakit. Dan dia mengetahui itu melalui tulisan yang terpambang dengan huruf besar-besar di depan pintu masuk rumah sakit. "Iya saya sudah tahu larangan membawa anak kecil ke rumah sakit tapi mau bagaimana lagi, saya harus berobat dan anak saya tidak bisa ditinggal," ucapnya.
Ketika disinggung tidak takut anak tertular penyakit karena area RSUD bisa saja sensitif bagi anak kecil Hopipah tandas mengaku takut anaknya terserang penyakit. Namun dia tetap bersikeras kondisi yang memintanya terpaksa membawa turut anaknya berobat. "Ibu mana yang tidak takut anaknya tertular penyakit termasuk saya, saya juga tidak mau anak saya tertular penyakit," tandasnya.
Sementara Satpam keamanan pintu masuk RSUD rawat jalan yang enggan menyebutkan namanya saat dimintai tanggapan boleh tidaknya anak kecil masuk dengan tegas mengatakan tidak boleh, tetapi acap kali patugas keamanan rumah sakit ini tidak berdaya ketika pasien bersikeras membawa masuk anaknya ke lingkungan rumah sakit. "Mereka (pasien) kalau dilarang memaksa," akuinya.
Secara terpisah Kabid Layanan Medis RSUD dr DWi Susilo SH mengatakan kalau aturan itu sudah jelas, tapi kondisinya banyak toleransi karena kasihan atau merasa tidak enak hati. "Harusnya tidak boleh, kan aturannya juga sudah jelas, anak dibawah 13 tahun dilarang masuk RSUD," kata dr Dwi saat dimintai tanggapan banyaknya anak kecil masuk karena dibawa orang tuanya yang kebetulan sedang berobat. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template