Absensi Kehadiran PNS Diplototi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Absensi Kehadiran PNS Diplototi

Absensi Kehadiran PNS Diplototi

Written By ayah satria on Selasa, 06 Juni 2017 | 20.25.00

KARAWANG, RAKA - Alat fingerprint merupakan sidik jari absensi pegawai yang merupakan terobosan untuk meminimalkannya angka kecurangan yang seringkali dilakukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ketika melakukan absensi kehadiran. Melalui sistem absensi itu bisa memperkecil tingkat kecurangan.
Kabid Kesejahteraan Disiplin dan Kepangkatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, Abas Sudrajat mengatakan, bulan  puasa atau ramadan tidak bisa jadikan halangan untuk melakukan tugas sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), begitu pula dengan kewajibannya dalam setiap hari kerja bukan saja hanya melakukan absensi namun melakukan tugas sesuai bagaimana mestinya. "Kunci pertama untuk adanya peningkatan kinerja dalam kesadaran disiplinnya PNS dimulai dari atasan langsung dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)," tuturnya.
Ia mengatakan, peran atasan di semua instansi sangatlah berperan dalam meminimalkannya angka tindak ketidak disiplinan pegawai saat berada pada jam kerja, selain agar menjadikan sumber daya manusia (SDM) tetap patuh [ada aturan mengetahui aturan yang berlaku sesuai UU hukumnya wajib untuk diketahui bersama. "PP 53 Tahun 2010 sudah 6 tahun berlalu disosialisasi ke OPD dan SKPD jadi tidak ada lagi alasan tidak mengetahuinya," ujarnya.
Ia berharap Kepada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terutam terhadap masing-masing ketua bisa memaksimalkan kinerja bawahannya sesuai aturan yang berlaku, jangan sampai menurut Abas dilakukan langsung oleh Badan kepegawaian dan pengembangan Sumber daya manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, sehingga mau tidak mau akan berdampak terhadap yang bersangkutan dan ketuanya hal itu sesuai aturan yang berlaku dikepegawainnya. "Absen menggunakan Pingger Print memang membantu namun untuk kerja dan tidaknya kan kita juga gak tahu, disitu peran ketua yang harus terus memantau," tuturnya.
Lebih lanjut menurutnya, meminimalkan terjadinya angka kenakalan yang kerap dilakukan pegawaian Negri Sipil (PNS) yang sebelumnya banyak terjadi sebelum adanya Pingger Print dengan menggunakan absensi manual suka ada saja yang melakukan kecurangan dengan bekrja satu hari dengan absen satu minggu ful. "Dulu Absen fiktif sebelum adanya fingerprint itu terjadi," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template