Yang Muda Yang Melestarikan Budaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Yang Muda Yang Melestarikan Budaya

Yang Muda Yang Melestarikan Budaya

Written By Mang Raka on Kamis, 18 Mei 2017 | 14.00.00

KUTAWALUYA, RAKA- Kesenian tari tradisional harus tetap dilestarikan oleh generasi mudak. Karena, kalau bukan yang muda, siapa lagi yang akan melestarikannya. Hal inilah yang sedang digalakan kelompok Seniman Ngora (Sora) Karawang.
Salah seorang siswi MAN 4 Karawang, Siti Aliyah, mengaku tidak ingin kebudayaan daerahnya diklaim negara lain. "Saya gak rela kalau tari jaipong ini diklaim lagi oleh negara lain," katanya, kepada Radar Karawang.
Sebagai pegiat seni, sambung dia, ia tidak mau main-main untuk terus belajar dan lebih memperdalamnya. Maka dari itu, ia sengaja luangkan waktunya untuk berlatih bersama teman-temannya. Kendatipun bukan dari satu sekolah yang sama, justru hal inilah yang membuatnya lebih semangat lagi berlatih. Pasalnya, ia bisa menemukan teman lain dan memperbanyak bersilaturahmi.
Di tempat yang sama, ketua umum (Ketum) dari 3 grup kesenian di Kecamatan Kutawaluya Yaya Sunarya menambahkan, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan bakat seni muda di Kabupaten Karawang, tinggal bagaimana caranya ia sebagai ketum bisa merangkul anak-anak untuk ikut serta mewadahinya. "Kalau yang berbakat itu banyak, cuma tinggal kitanya saja yang harus lebih aktif untuk merangkul mereka, kebetulan saya meminpin dari 3 grup seni ini, selain Sora Karawang, ada juga grup Gaya Murni, dan grup K.45," kata dia.
Ia berharap, dengan adanya perkumpulan anak atau siswa yang ikut berlatih, bisa lebih mengembangkan lagi kesenian dan kebudayaan yang berada di lingkungannya. Mengingat, selain menerima siswa, ia juga bersedia menerima anak ataupun masyarakat yang berminat untuk ikut bergabung dalam kesenian yang ia pimpin. "Jadi kita menerima siapa saja yang berminat untuk ikut melestarikan kesenian ini, agar kesenian kita terus bertahan dan bisa lebih berkembang lagi," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template