Wacana Kawasan Hijau Perlu Dibahas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wacana Kawasan Hijau Perlu Dibahas

Wacana Kawasan Hijau Perlu Dibahas

Written By Mang Raka on Rabu, 24 Mei 2017 | 15.30.00

*Dinas Kebersihan Pangkas Puluhan Pohon

KARAWANG, RAKA - Beberapa waktu lalu sempat mencuat wacana menjadikan sepanjang 3 kilometer Jalan Bypass Ahmad Yani dari bunderan Mega Mall hingga perempatan lampu merah Karang Indah (perempatan RMK) sebagai kawasan hijau. Sayangnya usulan itu tidak ditanggapi Pemerintah Karawang. Kendati demikian upaya menghijaukan sekitar tetap dilakukan termasuk melakuan pemeliharaan terhadap pohon-pohon yang ada di pinggir jalan itu.

Seperti dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Selasa (23/5). Dinas itu mengerahkan petugas pertamanannya untuk melakukan pemangkasan puluhan pohon yang tumbuh dipinggir jalan sepanjang jalan tersebut. Pengawas pelaksana Penebangan pohon, Anang Sunandang menyampaikan, pemangkasan pohon disepanjang Jalan Ahmad Yani dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan terang. Sehingga bisa memberi nuansa nyaman bulan ramadan.
Menurut Anang kondisi pohon-pohon di sepanjang jalan bypass Ahmad Yani memang sudah rimbun, dan sudah waktunya dipangkas. "Pohon-pohon disamping kanan arah pemda menuju bypass memang sudah rimbun dan harus dilakukan pemangkasan. Itu dilakukan bukan saja untuk menciptakan suasana yang bersih dan terang tetapi juga antisipasi pohon tumbang yang dikhawatirkan akan menimpa orang," ucap Anang.
Kendati demikian Anang juga mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini bukan sebatas melakukan pemangkasan tetapi juga menebang pohon yang tua dan membahayakan.
"Tujuan penebangan ini agar saat bulan suci ramadan bisa aman saat pengendara darimanapun melintas jalan ini," ujarnya.
Ia mengatakan, pekerjaan penuh resiko dengan dilakukannya penebangan yang sudah berjalan selama dua hari itu sampai saat ini masih terus dilakukan sekalipun sewaktu-waktu harus menggangu para pengendara yang melintas dengan tumbanganya batang pohon yang ditebang dengan ketinggian yang cukup tinggi. Pihaknya dibantu dengan dikerahkannya delapan orang pekerja. "Di jalan ini kita maksimalkan pekerjaan yang dimulai dari SMPN 1 Karawang sampai depan pengadilan rampung dihari kamis," ujarnya.
Ia juga mengatakan, pihaknya terus berupaya mengejar targetan pekerjaan yang harus berjalan maksimal dengan waktu yang cukup singkat pihaknya seolah terkesan serius agar menjadikan kabupaten Karawang menjadi bersih tentram dan aman sewaktu bulan suci ramdhan yang dimana jalan tersebut digunakan parapengendara dari luar daerah untuk arus mudik. "Setelah dari sini kita lanjut dari lamaran menuju wadas cuman dipohon-pohon yang menghalangi penerangan jalan umum (PJU) saja," ujarnya.
Pekerja penebang pohon, Osan menyampaikan, penuh resiko melakoni tugas sebagai penebang ranting pohon dengan ketinggian bisa mnecapai 10 meter bukan hal baru baginya, diterpa angin yang menghembus kebadan dengan rasa takut dan waswas seolah jadi tantangan baginya dalam melaksanakan tugas. "Sudah biasa kalau diterpa angin diatas pohon takut ada tapi ya gimana pekerjaan harus diselesaikan," ujarnya.
Rasa hati-hati melakoni tugas karena ditakutkan menimpa pengendara yang melintas terus dilakukan, dengan kekompakan dalam bertugas terus jadi acuan baginya untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan dilapanagan. "Satu hari kita bisa tebang 5 sampai 6 pohon," ujarnya.
Ia mengatakan, dengan alat golok serta senso pihaknya tidak menjamin hal itu bisa mudah dilakukan. Terlebih saat menemukan pohon yang sudah ada diposisi dekat dengan kabel listrik hal itu menjadi kesulitan baginya dalam melaksanakan tugas. "Kalau kesulitan pasti ada saat menemukan pohon yang dekat dengan kabel listrik mau tidak mau kita minta bantuan mobil yang bisa menjangkau pohon," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Biarkan karawang hijau dgn gedung gedung mencakar langit.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template