Ujian Sambil Puasa Sesuatu Banget - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ujian Sambil Puasa Sesuatu Banget

Ujian Sambil Puasa Sesuatu Banget

Written By Mang Raka on Rabu, 31 Mei 2017 | 13.30.00

KARAWANG,RAKA - Mudah capek, cepat mengantuk,lemas dan menjenuhkan, kurang lebih seperti itu  suasana perasaan yang ditunjukan para siswa di SMPN 1 Klari, dalam menjalani ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) di bulan Ramadan di tahun ini. Meski berbagai perasaan muncul dan berkecambuk di dalam  diri siswa tersebut, namun siswa antusias belajar dan telah menyiapkan diri untuk menuntaskan ujian tersebut. Hal itu menjadi bukti keseriusan para siswa dalam mengikuti ujian tersebut terus dimaksimalkan.
Muhamad Zaki, siswa kelas VIII, SMPN 1 Klari, mengatakan, kesan di hari kedua dalam ujian sekolah mampu dituntaskannya, walaupun lemah dan lelah karena sedang berpuasa, namun dia tetap kuat menjalaninya. "Huh hari kedua ulangan di bulan Ramadan, bukan maen. Lemas, lelah sekali. Apalagi pas di kelas bawaannya ngantuk banget, mungkin karena sedang berpuasa, jadi untuk mengikuti ulangan Penilaian Akhir Semester di tahun ini, saya merasakannya di bulan puasa," terang Muhammad, merupakan pemuda asal Kosambi, kepada Radar Karawang, usai bel sekolah usainya hari kedua ujian PAS, Selasa (30/5).
Bahkan, baginya, meski proses ujian sekolah tersebut berlangsung tepat di bulan suci Ramadan. Namun, tidak menjadikan persoalan besar untuk terus memaksimalkan diri dalam mengikuti ulangan tersebut. "Walaupun sambil puasa, alhamdulilah ulangannya lancar kok," katanya.
Dia melanjutkan, sejauh ini kesan ujian sekolah di bulan suci Ramadan, tidak jauh kendala-kendala yang dirasakan beragam pastinya. Hal tersebut hingga saat ini masih sulit untuk dibiasakan. "Biasanya kalau di jam istirahat, kita jajan ke kantin ini mah tidak lagi, paling diem aja di kelas, kalau engga belajar di kelas. Ya tiduran karena lemas," ujarnya.
Hal senada disampaikan Dede Saputra, siswa kelas VII SMPN 1 Klari, menurutnya, kesan dalam menjalani rutinitas belajar di bulan Ramadan di mana para siswa muslim berpuasa. Hal tersebut tentunya ada beberapa kebiasaan yang sedikit hilang sementara. Namun, tidak mengurangi sedikitpun semangat belajar di sekolah. Walaupun dalam kondisi berpuasa. "Ia kesannya itu, kaya yang ada sih tidak nyaman. Karena disaat otak dipakai untuk mikir, di mana sekarang itu kan lagi ulangan kami, dari kelas tujuh dan delapannya. Jadi mau tidak mau, kita harus jalanin tugas sebagai pelajar untuk mengikuti ujian Penilaian Akhir Semester di tahun ini," katanya.
Dia menambahkan, walaupun ujian tersebut berlangsung saat bulan suci Ramadan. Akan tetapi, tidak membuat nilai menurun, karena kondisi dalam berpuasa. Hal tersebut diharapkan untuk lebih meningkat. "Mudah-mudahan saja, nilai saya bagus nanti, jadi tidak jelek lagi. Apalagi kan kita lagi menjalani ibadah wajib yaitu berpuasa, pasti tuhan bakal berikan pertolongan, dengan melancarkan semua tugas ini," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template