Ujang Sudah 15 Tahun Dipasung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Ujang Sudah 15 Tahun Dipasung

Ujang Sudah 15 Tahun Dipasung

Written By Mang Raka on Rabu, 31 Mei 2017 | 12.00.00

JATISARI, RAKA - Kasus pemasungan warga miskin yang dianggap berperilaku 'aneh' kembali terjadi di Kabupaten Karawang. Kali ini menimpa Ujang Saepudin (25) warga Dusun Kertajaya RT 02/04, Desa Bolonggandu, Kecamatan Jatisari.
Dia dibiarkan terkapar kesakitan, kaki dirantai di atas tempat tidur beralaskan kayu, dalam ruangan sempit berukuran 2x3 meter dan pengap. Kondisi itu dialaminya selama 15 tahun.
Dedeh (46) ibu dari Ujang hanya bisa pasrah dengan kondisi anak tercintanya itu. Menurutnya siapa yang tidak sakit ketika melihat anaknya dibiarkan terikat oleh rantai, dan tidak bisa menikmati hidup seperti layaknya remaja seumurannya. Menangis dan meminta bantuan seorang dermawan yang sudi merawat anaknya, adalah doa yang dipanjatkan Dedeh setiap malam. "Ya ibu mah pasrah saja. Kalau berdoa mah ingin sembuh kayak anak-anak yang lain biar bisa main lagi. Kasian juga kalau diikat begini," ucapnya kepada Radar Karawang sambil meneteskan air mata, Selasa (30/5) kemarin.
Ia melanjutkan, Ujang memiliki kondisi badan yang tidak normal dibanding anak seumurannya, dan terkadang kerap berprilaku tidak wajar yang membuat masyarakat takut. Jika dibiarkan berkeliaran, anak keduanya itu ditakutkan bisa mengancam ketenangan dan kenyamanan warga. "Memang belum pernah berbuat kasar, tapi dulu pernah ngamuk. Makanya takut terjadi apa-apa jadi dipasung aja," ungkapnya.
Tidak ada pilihan lain lagi, kata Dedeh, pasung salah satu solusi terakhir. "Yang ngelengok juga banyak, tapi cuma ngeliat aja," tuturya.
Advokat Karang Taruna Kabupaten Karawang Hamid D Samairja meminta Pemerintah Kabupaten Karawang bergerak membantu Ujang. Menurutnya pasung sangat tidak manusiawi. "Dinas Sosial harus bertanggung jawab. Tidak bisa dibiarkan seperti ini," tuturnya.
Kepala Desa Balonggandu Suhana membenarkan salah satu warganya terpaksa dipasung, karena khawatir membuat kenyamanan masyarakat terganggu. "Iya emang ada (yang dipasung). Dulu tahun 2016 juga ada dari LSM dan Dinas Sosial pada datang, bilangnya mau ngurusin tapi enggak ada kejelasannya lagi. Saya berharap ada yang bisa membantu keluarganya saja," ungkapnya. (yna)


Kasus Pemasungan

Tahun 2017
Ujang Saepudin, 25 tahun
Warga Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisari
Dipasung 15 tahun


Erik, 8 tahun
Warga Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kotabaru
Dipasung tiga tahun

Tahun 2016
Asep, 31 tahun
Warga Desa Pasirmulya, Kecamatan Majalaya
Dipasung tiga bulan


 
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template