Tingkatkan Kedisiplinan Dewan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tingkatkan Kedisiplinan Dewan

Tingkatkan Kedisiplinan Dewan

Written By ayah satria on Sabtu, 06 Mei 2017 | 18.38.00

KUNCI penegakan disiplin para wakil rakyat sebenarnya berada di tangan masing-masing fraksi. Ini yang ditegaskan Badan Kehormatan DPRD menyusul merebaknya kembali anggapan tingkat kedisiplinan anggota dewan mesti kembali ditingkatkan.
"Setiap anggota pasti tunduk kepada fraksi. Kinerja DPRD adalah gabungan dari kinerja fraksi-fraksi itu, kalau kinerja DPRD jelek ya itu tanggungjawab fraksi," kata Ketua BK DPRD Karawang Nurlaela Saripin. Karena, tambah Nurlaela, fraksi bisa mendisiplinkan anggotanya dengan membuat aturan yang ketat. Sementara BK, mengacu pada tata tertib anggota DPRD yang dituangkan dalam UU MD3.
Dia sendiri selalu mengingatkan dan memberikan paparan kepada seluruh anggota dewan agar memperhatikan pentingnya setiap anggota dewan untuk selalu mengikuti agenda-agenda yang ada di legislatif. "Biasanya kami akan berkoordinasi dengan pimpinan dewan dan ketua-ketua fraksi untuk mengingatkan kedisiplinan para anggota DPRD," ujarnya.
Menurutnya, kegiatan-kegiatan rapat paripurna sudah terjadwal oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD. Sehingga seharusnya anggota dewan jauh-jauh hari sudah mengetahui pelaksanaannya dan bisa hadir dalam forum tersebut. Sebab, kehadiran fisik anggota dewan dalam paripurna itu penting. "Minimal per - triwulan sekali saya meminta pendamping memberikan absensi yang real untuk dievaluasi, terutama di rapat paripurna yang tidak hadir harus ada ijin, dan ijin tersebut harus ketua fraksi yang melaporkan atau meminta ijin," ujarnya.
Begitu halnya dengan kegiatan reses, politisi Partai Bulan Bintang ini menjelaskan, bahwa sebetulnya kegiatan reses ini adalah kesempatan dimana anggota dewan dapat bertemu dengan konstituennya, mendengarkan dan menerima aspirasi mereka. Karenanya alangkah ruginya jika ada anggota dewan yang menyia - nyiakan waktu reses yang dilaksanankan 3 kali dalam setahun tersebut. "Reses itukan menampung aspirasi masyarakat,kalo mereka berpikir yang rugi itu mereka sendiri karena pokok pikirannya tidak masuk,apakah Bapeda tau ada yang minta jalan, drainase, jembatan dan lain- lain,artinya yang rugi dia sendiri," jelasnya.
Nurlaela menegaskan anggota DPRD Jangan hanya menyebutkan mereka bertandatangan, karena yang dibutuhkan adalah orangnya. Karena itulah salah satu tugas anggota dewan.
"Memang sudah seharusnya anggota DPRD merasa terpanggil sebagai wakil rakyat memiliki komitmen dan konsisten utamanya pada daerah pemilihan nya," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template