Teror Bakteri E-Coli di Es Balok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Teror Bakteri E-Coli di Es Balok

Teror Bakteri E-Coli di Es Balok

Written By Mang Raka on Senin, 29 Mei 2017 | 12.00.00

-Bisa Merusak Saluran Pencernaan

CILAMAYA, RAKA - Makanan dan minuman saat berbuka puasa identik dengan yang manis. Namun, apa jadinya jika yang dikonsumsi saat buka puasa adalah minuman dingin dari bongkahan es balok yang tidak steril. Dipastikan perut sakit karena lambung terserang bakteri.
Kasie Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang H Mohammad Alwi SKm mengatakan, sebaiknya masyarakat menghindari minuman berbuka dengan camupuran bongkahan es batu. Apalagi yang tidak diolah sendiri. Pihaknya menduga es balok yang dijual di pasaran, banyak mengandung bakteri dan cenderung tidak steril karena olahannya yang tidak baik. "Es balok atau es batu yang dijual biasanya dari bahan air yang tidak matang, bahkan bisa juga mengandung E coli yang bakterinya mengancam penyakit konsumen," ungkapnya kepada Radar Karawang, Minggu (28/5) kemarin.
Selain minuman, Alwi menyarankan menghindari kebiasaan makan-makanan pedas saat berbuka puasa. Agar saluran pencernaan tidak kaget dan menyebabkan diare akut. Karenanya, dalam memilih makanan, masyarakat harus menghindari kuliner yang mengandung bahaya fisik, kimia dan biologi. Sebaiknya berbuka diawali dengan jus buah yang rendah gula, air kelapa muda, air putih atau juga minuman yang mengandung elektrolit. Baru kemudian dilanjutkan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Dan sebagai penutupnya, bisa dengan mengkonsumsi kurma. "Hindari yang pedas-pedas dulu, makannya harus teratur sesuai kadar dan kandungan tubuh," ujarnya.
Kasubag TU UPTD Puskesmas Lemahabang H Anwar Sanusi menuturkan, kiat berbuka puasa hendaknya sering mengkonsumsi buah yang kaya kalium seperti kurma. Sebab,  nutrisinya yang berperan sebagai gudang tenaga, dan makanan berkualitas tinggi untuk berbuka puasa. "Kalau berbuka itu ya konsumsi saja buah-buahan kaya kalium, dan banyak minum air," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template