Terminal Cikampek akan Dibangun Dua Lantai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Terminal Cikampek akan Dibangun Dua Lantai

Terminal Cikampek akan Dibangun Dua Lantai

Written By Mang Raka on Rabu, 31 Mei 2017 | 14.00.00

-Pembangunan Baru Tahap Studi Kelayakan

CIKAMPEK, RAKA - Buruknya kondisi terminal Cikampek yang berada dekat dengan lokasi pasar, menjadi permasalahan serius bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang. Pasalnya, mereka tetap menjadi kambing hitam, karena tidak banyak yang tahu kalau terminal Cikampek sudah menjadi urusan Kementerian Perhubungan sejak berganti status dari tipe C ke tipe A.
Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Nugraha mengatakan, saat ini dirinya tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab, kewenang pembangunan terminal sudah ditangani langsung oleh Kementerian Perhubungan. Meski begitu, bukan berarti Pemerintah Kabupaten Karawang sama sekali tidak mempunyai tugas dan tanggung jawab. Justru kata dia, pemerintah daerah bisa mengusulkan dan memberikan pengajuan kepada pemerintah pusat agar pembangunan terminal dipercepat. "Kalau sejauh ini pembangunan terminal yang rencananya akan dibangunkan berlantai dua, sudah sampai pada tahan studi kelayakan," terangnya kepada Radar Karawang, Selasa (30/5).
Ia melanjutkan, pemerintah daerah juga sudah tidak memiliki kewenangan dalam urusan pembangunan terminal Cikampek. Karena dari sejumlah data seperti kepegawaian , program penganggaran dan dokumen sudah diserahkan kepada Departemen Perhubungan. Sehingga tidak ada lagi campur tangan dari pemerintah daerah, terkait bakal jadinya pembangunan terminal. "Ya kita juga inginnya bisa dipercepat lagi pembangunan terminalnya," ucapnya.
Karena menurut Nugraha, melihat jumlah volume kendaraan dengan kondisi fasilitas terminal yang ada, sudah tidak memungkinkan memberikan kenyamanan. Bayangkan saja, kata dia, Terminal Cikampek merupakan segitiga emas, dimana semua para penumpang yang ingin bepergian ke Bandung maupun Surabaya, pasti melalui Cikampek. "Kondisinya mendesak banget. Jika tidak segera dilakukan pembangunan secepat mungkin, bisa lebih buruk lagi dari sekarang," akunya.
Belum lagi jika dikaitkan dengan lokasi terminal yang berada di tengah pusat kegiatan warga Cikampek, seperti mal, pasar, dan stasion kereta api. Seharusnya pembangunan di Cikampek nanti bisa lebih berkembang dan maju lebih pesat, dibandingkan dengan perkotaan. "Kondisi sekarang saja banyak sampah. Dan itu seharusnya sudah tugas BPLH ataupun dinas yang bersangkutan untuk menindaklanjuti kondisi tersebut," tuturnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template