Terguling Lalu Terbakar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Terguling Lalu Terbakar

Terguling Lalu Terbakar

Written By Mang Raka on Kamis, 18 Mei 2017 | 12.00.00

- Kontainer Diduga Rem Blong

PURWAKARTA,RAKA - Kecelakaan terjadi diruas Tol Cipularang, sembuah truk kontrainer B 9022 WF terguling dan membentang di ruas tol, tepatnya di KM 85+00 wilayah Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja akibat kejadian tersebut menyebabkan arus lalu lintas dari Jakarta menuju Bandung macet total puluhan kilometer, Rabu (17/5).
Dari pantauan di tempat kejadian, kendaraan yang terjebak macet akibat adanya kecelakaan ini nyaris tidak bergerak. Petugas kepolisian dan PT Jasa Marga langsung menerapkan sistem contraflow untuk mengurai kemacetan di KM 72+00. Laporan dari PT Jasa Marga, kecelakaan ini terjadi sekira pukul 16.10 WIB. Pemberlakuan alur contraflow dilakukan sejak pukul 16.25, karena kemacetan lalu lintas sudah sangat parah, mengular hingga puluhan kilometer.
Hingga pukul 19.30 WIB malam, proses evakuasi kendaraan masih terus dilakukan. Kontainer yang terguling juga mengalami kebakaran. Kendaraan yang terjebak macet diarahkan untuk menghindar lebih jauh, karena api yang membakar truk itu semakin membesar. Selain regu derek, polisi juga meminta bantuan Tim Pemadam Kebakaran dari Pemda Purwakarta untuk memadamkan api. "Alhamdulillah api tadi sudah padam, sekarang tinggal proses evakuasi, bangkai truk," kata Kepala Dinas Damkar Purwakarta Wibi Sono.
Sementara itu, kepadatan kendaraan juga terjadi di jalur sebaliknya dari Bandung menuju Jakarta. Kondisi itu terjadi karena adanya pemberlakuan contraflow, jalur Bandung menuju Jakarta digunakan dua jalur  menghindari lokasi kecelakaan. Meskipun begitu, kendaraan mengalir meskipun harus merayap, dengan kecepatan di bawah 20 kilometer/jam.
Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti membenarkan kecelakaan tersebut. Dugaan sementara insiden ini akibat truk kontainer yang ditumpangi dua orang itu mengalami rem blong. Sopir truk yang panik kemudian banting setir untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lain, akibatnya truk terguling dan terbanting jauh sebelum akhirnya membentang menutupi ruas tol. "Korban jiwa nihil, seluruhnya sudah dievakuasi ke rumah sakit. Ya, memang kendaraan yang mengalami kecelakaan ini, terbalik menutupi ruas jalan sehingga macet. Saya pun terjebak macet saat tadi mau menuju TKP," singkat dia.
Sistem contraflow akan terus dilakukan untuk proses normalisasi kemacetan. Pengguna jalan tol dimbau untuk berhati-hati dan diimbau untuk menghindari Cipularang pada malam itu sebelum akhirnya kemacetan terurai. Kemungkinan sistem contraflow dilakukan hingga tengah malam hari nanti, karena tingginya volume kendaraan yang terjebak di jalur tanpa hambatan itu kemarin. "Supir truk luka-luka, nanti kita akan mintai keterangan, untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan, sekarang kita masih fokus menangani kemacetan," pungkas Arman. (gan)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. rem blong itu cuma omong kosong,..yang sebenarnya supirnya ugal2an,..apalagi supir bus,...sadis.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template