Takbir Menggema di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Takbir Menggema di Karawang

Takbir Menggema di Karawang

Written By Mang Raka on Jumat, 26 Mei 2017 | 13.00.00

Puluhan Ribu Umat Islam Pawai Obor

KARAWANG, RAKA - Puluhan ribu warga Karawang tumpah ruah menyambut datangnya bulan suci Ramadan, yang diperkirakan jatuh pada 27 Mei 2017. Mereka jalan kaki, membawa obor, bertakbir serta salawat nabi tidak putus diucapkan umat Islam dari Masjid Al Jihad-Jalan Raya Ahmad Yani-Jalan Tuparev, hingga Masjid Agung atau Alun Alun Karawang, Rabu (24/5) malam.
Pawai obor juga tidak hanya diikuti umat Islam, melainkan juga melibatkan ratusan warga Tionghoa sebagai bentuk toleransi.
Ajid (17) warga Parakanmulya, Kecamatan Tirtamulya, mengaku sangat antusias mengikuti pawai obor. Meski harus berjalan lebih dari lima kilometer, menurutnya tidak terasa capek. "Alhamdulillah, pawai obor berjalan lancar. Senang banget bisa ikut acara ini," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Ketua Pelaksana Kegiatan Pawai Obor Dudung Abdullah Hasim mengatakan, acara yang berlangsung setelah salat Isya itu sudah dipersiapkan satu bulan. Tujuannya, selain menyambut bulan suci Ramadan, juga mempersatukan umat. "Acara berlangsung hingga tengah malam, dan diikuti tidak kurang dari 16 ribu orang dari berbagai elemen dan wilayah di Karawang," ujarnya.
Wakil Bupati Karawang Ahmad Jimmy Zamakhsyari yang juga ikut pawai obor bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, peserta pawai obor kali ini lebih besar dibanding sebelumnya. Bahkan dia memperikirakan jumlah pesertanya mencapai 20 ribu orang, karena meski peserta pawai yang berada di barisan paling depan sudah berada di Masjid Agung, tapi buntutnya masih di Masjid Al Jihad. "Yang membuat saya terharu, partisipasi masyarakat Tionghoa dan umat beragama lainnya dalam acara ini luar biasa hebatnya. Ini yang harus dijaga terus, persatuan antara umat beragama di Kabupaten Karawang agar tetap kondusif," kata Jimmy.
Ia melanjutkan, penyelenggaraan pawai obor tahun ini merupakan inisiatif masyarakat dari berbagai elemen yang terdiri dari ormas Islam, LSM, pondok pesantren dan masyarakat lainnya. Pemerintah daerah turut mendukung penyelenggaran pawai obor, untuk menyatukan umat muslim yang ada di Karawang. "Kegiatan ini membuktikan umat muslim Karawang bersatu. Bahkan umat beragama lainnya juga dapat bersatu dalam perbedaan, ini memang keren," katanya.
Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra yang diwakili Wakapolres Karawang Kompol Irwansyah mengatakan, tidak kurang 157 personel diturunkan untuk mengamankan kegiatan ini. "Acara yang berlangsung dari Masjid Al Jihad hingga Masjid Agung berlangsung aman," ujarnya.  (apk/ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template