Status Aking Tergantung Hasil Gelar Perkara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Status Aking Tergantung Hasil Gelar Perkara

Status Aking Tergantung Hasil Gelar Perkara

Written By Mang Raka on Selasa, 30 Mei 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Status penyelidikan perkara Aking Saputra, yang sebelumnya dilaporkan dengan dugaan penistaan agama di media sosial Facebook akan ditentukan Rabu (31/5) Besok. Sedangkan status hukumnya akan ditentukan setelah gelar perkara selesai.
Meski begitu, penyidik belum bisa memastikan apakah hasil gelar perkara akan meningkatkan status dari penyelidikan ke penyidikan, termasuk menaikan status Aking Saputra dari terlapor menjadi tersangka. “Itu (status) pun disesuaikan dengan hasil gelar perkara pada Rabu besok,” kata Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mapaseng kepada Radar Karawang, Senin (29/5).
Dikatakannya, hasil gelar perkara tersebut nantinya belum tentu serta merta meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan, dan terlapor menjadi tersangka. Sebab, bisa saja status penyelidikan (lidik) naik ke penyidikan (sidik), tetapi status terlapornya tetap. Bahkan, sambung Maradona, tidak tertutup kemungkinan status penyelidikan tidak berubah. "Kita tunggu aja nanti hasil gelar perkara yang dipimpin langsung pak Kapolres itu," ungkapnya.
Diakuinya, hingga kini pihaknya sudah meminta keterangan dari 13 saksi dan empat diantaranya merupakan saksi ahli. Sedangkan saksi yang masih dalam pemeriksaan ada empat lagi. "Sebenarnya cukup banyak masyarakat yang datang untuk diperiksa sebagai saksi, namun karena pemahaman mereka sangat terbatas, untuk sementara keterangan mereka kami abaikan dulu," sambung Maradona.
Saat ditanya soal saksi ahli yang sudah dimintai keterangan, Maradona enggan menyebutkan identitas mereka dengan jelas. Dia hanya menyebutkan bahwa dua saksi ahli berasal dari ahli agama, satu ahli pidana dan satu ahli bahasa. "Dua saksi ahli agama merupakan pengurus MUI dan PCNU Karawang," tandasnya.
Maradona tak menampik jika penanganan kasus Aking Saputra ini men-copy seperti di Mabes Polri, seperti kasus Ahok, penyidikannya hanya sebentar, tapi dimaksimalkan saat penyelidikan. “Penyelidikan kita dalam kasus ini panjang, dan sudah menemukan arahnya,” ujar Maradona.
Meski Aking Saputra sudah menyampaikan permohonan maaf, yang mengindikasikan Aking telah melakukan perbuatan sebagaimana dilaporkan Syukur Mulyono mewakili Forum Masyarakat Karawang, penyidik masih akan melakukan uji laboratorium akun Facebook Aking tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa akun Facebook tersebut benar milik terlapor. "Hasil lab tersebut akan mengunci sehingga tidak ada lagi celah bagi pihak-pihak yang akan merekayasa, atau mengkloning Facebook tersebut," pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template