SMKN 1 Cilamaya Tunda Umumkan Kelulusan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMKN 1 Cilamaya Tunda Umumkan Kelulusan

SMKN 1 Cilamaya Tunda Umumkan Kelulusan

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Mei 2017 | 14.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Berbeda dengan SMK/SMA lainnya yang memilih langsung mengumumkan kelulusan hasil Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) Selasa (2/5), SMKN 1 Cilamaya justru memilih mengumumkan kelulusan siswanya saat pelepasan siswa yang digelar hari ini (3/5).

Wakasek Kesiswaann Mashanudin S.pd mengatakan, hari Selasa diakuinya baru turun daftar kolektif hasil UNBK dan rapat-rapat sekolah kaitan kelulusan. Memang, sebagian ada yang memilih langsung mengumumkan dihari Selasa kepada para siswanya, baik siang maupun sore hari. Namun, pihak SMKN 1 Cilamaya memilih waktu pengumuman saat pelepasan siswa dihari berikutnya Rabu (3/1) pagi ini.
Alasannya, sebut Mashanudin, selain menghindari aksi tawuran, konvoi maupun tindakan penyimpangan lainnya, kelulusan dengan pelepasan ini juga lebih khidmat saat dihadiri orangtua langsung, sehingga waktu konvoi dan kekhawatiran tawuran bisa dipersempit. "Kita tidak langsung hari Selasa, tapi Rabunya diumumkan pas pelepasan bersama orangtuanya," ujarnya.
Lebih jauh dia menambahkan, dalam pelepasan, pihak sekolah sengaja mengundang para orangtua peserta UNBK, yang tercatat sebanyak 164 siswa dari 4 kompetensi keahlian, nantinya setelah matang ditentukan sekolah soal kelulusannya. Orangtua bisa menyaksikan langsung kegiatan dan prosesinya, sehingga tidak ada anak-anaknya berkeliaran setelah menerima hasil kelulusan. Sekaligus juga sambung Mashanudin, sekolah sediakan reward khusus bagi lulusan dengan nilai tertingginya. "Orangtua dan anaknya menyaksikan langsung kelulusan yang akan diberikann usai pelepasannya," ujarnya.
Lebih jauh ia menambahkan,  sebagian dari peserta UN ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi sekitar 10 persen saja, sementara sisanya memilih langsung bekerja. Disisi lain, sebutnya, Ijasah SMA/SMK, sejauh ini belum ada kepastian kapan turun, sehingga para siswa kelas XII yang lulus, cukup menyertakan daftaran nilai hasil UNBK sebagai syarat bekerja dan masuk perguruan tinggi. Ijasah, sambungya, menyusul karena nilai raport saja disetorkan ke Pusat pada tanggal 30 Mei. "Setelah lulus, gak ada lagi kegiatan siswa kecuali menunggu Ijasah, pembagiannya juga kita siap libatkan kepolisian," pungkasnya.
Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Tempuran, Sunarto mengatakan, pihaknya langsung memberikan surat keterangan lulus dengan diantarkan ke rumah orangtua peserta UNBK dihari selasa (2/5) ini oleh wali kelas masing-masing. Itu dilakukan untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan ekspresi luapan hasil kelulusan. "Kita diantarkan langsung oleh wali kelas kerumah para siswanya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template