SKCK Dipalsukan di Kotabaru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SKCK Dipalsukan di Kotabaru

SKCK Dipalsukan di Kotabaru

Written By Mang Raka on Jumat, 19 Mei 2017 | 14.00.00

-Tanggal Kadaluarsa Dirubah

KOTABARU, RAKA - Pelayanan cepat pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polsek Kotabaru, ternyata masih ada warga yang malas mengantre. Berdasarkan temuan Radar Karawang di lapangan, seorang pencari kerja di Kotabaru berani mengganti tanggal masa berlaku surat tersebut.
Caranya, dia memprint out tanggal dan tahun yang dibuatnya di komputer. Setelah itu, tanggal dan tahun itu ditempel ke kertas SKCK kadaluarsa. Agar terlihat sempurna, surat tersebut difoto copy di Desa Jomin Barat, Kecamatan Kotabaru. "Ini urusan saya. Jangan ikut campur," ujarnya saat ditanya kenapa memalsukan masa berlaku SKCK, Kamis (18/7) kemarin.
Lucunya, lelaki berperawakan tinggi, kurus, berambut ikal dan memakai baju hitam, itu tidak sadar jika yang menandatangani SKCK itu bukan kepala Polsek Kotabaru saat ini. "Kamu diam saja," ungkapnya.
Kapolsek Kotabaru Ipda Asep Nugraha menyampaikan, jika masyarakat menemukan orang yang berani melakukan pemalsuan SKCK, pihaknya meminta agar melaporkan hal itu ke kepolisian. "Kalau ada bawa pelakunya ke mako (Polsek Kotabaru)," ujarnya.
Ia mengatakan, permohonan pembuatan SKCK sudah dipermudah. Selain mendatangi kantor polsek, juga bisa secara online. Caranya buka website skck.polri.go.id. "Dalam satu hari tidak kurang 20 orang yang membuat SKCK ke sini," ujarnya.
Warga Kotabaru yang sedang mengajukan pembuatan SKCK, Ricky (23) mengatakan pemalsuan SKCK sangat beresiko. Apalagi sekarang membuat surat tersebut tidak perlu menunggu lama. "Pembuatan cuma sebentar, jadi buat apa curang," ujarnya.
Ia melanjutkan, jika perusahaan teliti memeriksa SKCK pelamar, bisa dipastikan orang yang berani memalsukan surat tersebut akan kena batunya. "Saya gak berani, mending buat ke polsek daripada rugi di kemudian hari," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template