Sertifikasi Cair Sebelum Puasa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sertifikasi Cair Sebelum Puasa

Sertifikasi Cair Sebelum Puasa

Written By Mang Raka on Jumat, 19 Mei 2017 | 15.00.00

LEMAHAABANG WADAS, RAKA - Musim paceklik keuangan bagi tenaga pendidik tingkat SD dan SMP sebentar lagi usai. Kabar gembira itu berhembus setelah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang memastikan jika dana sertifikasi cair sebelum bulan Ramadan.
Kasie Keuangan Disdikpora Karawang Drs Ocid Rosidin mengatakan, sertifikasi guru diperkirakan cair tidak lewat bulan Mei. Lamanya pencairan dana sertifikasi dari Januari-Maret, karena menunggu SK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berbeda dengan Purwakarta dan Subang, sebutnya, disana pencairan sertifikasi tidak serempak. Sehingga ada yang menikmati, ada juga yang belum. "Kita ingin SK kolektif dulu, gak dicicil, sehingga pas pencairan sertifikasi ya semuanya merata," ujarnya kepada Radar Karawang, Kamis (18/5) kemarin.
Mantan kepala UPTD Pendidikan Cilamaya Kulon ini menambahkan, selain sertifikasi, dana bantuan operasional sekolah (BOS) juga menjadi keluhan para guru. Ocid menyebut, dana BOS sudah transit di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), namun masih menunggu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dari sekolah yang sampai saat ini belum juga selesai. "Tapi menurut informasi, semua DPA sudah selesai, semoga saja BOS ini tidak lama lagi juga sama pencairannya," ujarnya.
Dia maklumi banyaknya kegiatan sekolah yang menelan banyak biaya, membuat para kepala sekolah dan guru stres. "Sebelum puasa baik sertifikasi maupun BOS sudah cair. Tinggal menjelang lebaran nanti, mungkin ada gaji ke-13 dan 14," ujarnya.
Kepala SDN Lemahmukti 2 Muhtadin S.Pd mengatakan, dana BOS selama 6 bulan ini tidak kunjung turun, sementara seabrek kegiatan sejak Januari juga masih belum terbayarkan sempurna. Agak ringan sebut Muhtadin, jika BOS belum cair, tapi sertifikasi sudah turun. Paling tidak bisa digunakan untuk menalangi.
Tetapi kenyataannya, sertifikasi guru juga tidak kunjung cair dan malah baru mulai pemberkasan. "Ini beda dengan kabupaten lain seperti Subang dan Bekasi yang sudah turun semuanya. Wajar saja jika guru dan kepala SD mempertanyakan kapan semuanya akan turun," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template