Senang Baca Buku Sejak Kecil - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Senang Baca Buku Sejak Kecil

Senang Baca Buku Sejak Kecil

Written By ayah satria on Sabtu, 06 Mei 2017 | 19.01.00

KARAWANG, RAKA- Dengan membaca semua orang akan lebih banyak tahu segala hal, bukan hanya tahu semuanya. Akan tetapi, memiliki wawasan luas menjadikan kualitas dirinya akan dapat diperhitungkan. Minat baca seluruh siswa di SDN Cikampek Utara 1 dinilai tinggi. Sehingga implementasi program literasi sekolah yang dicanangkan di sekolah tersebut dinilai sukses dan berjalan lancar.
Siswi Aniiqi Karima Ali, kelas VIB, menyampaikan, kegemaran membaca buku mulai tumbuh di dalam dirinya sejak usia dini. Karena dengan membaca buku, tidak hanya dapat memberi dampak besar terhadap kemampuannya. Namun, menjadi langkah awal dalam mewujudkan impiannya. "Aku cita-cita ingin menjadi seorang ilmuan, kalau hobi membaca sejak TK," ujar Aniiqi, siswa SDN Cikampek Utara 1, kepada Radar Karawang, di lingkungan sekolah, Jumat (5/5).
Meski banyak bacaan buku yang bisa dibacanya. Namun, menurut dia, buku yang paling disenangi merupakan buku novel dan cerita. Hal itu karena alur dalam buku dapat dicerna dengan mudah tanpa adanya proses pemilahan. "Aku paling seneng baca buku novel, sama cerita-cerita gitu. Cuman kadang juga baca buku yang ada mata pelajaran," ucapnya.
Dia mengatakan, saat ini kebiasaan membaca tidak hanya dilakukannya. Namun, sudah hampir merata dilakukan para siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Karena saat ini, ada program Gerakan Maca Cikampek Utara 1. Hal tersebut bertujuan dalam merealisasikan program literasi sekolah yang biasa digelar setiap minggunya. "Iya di sekolah ada program baca buku bersama sama, jadi semua siswa membaca buku," katanya.
Hal serupa disampaikan, Diana Syafa Azizah, siswi SDN Cikampek Utara 1, menurutnya, hobi membaca buku sudah dilakoninya sejak masuk di dunia pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK). Kebiasaan membaca dari sejak kecil tersebut, tidak pernah mengendur hingga memasuki sekolah dasar yang akan dituntaskannya. "Aku seminggu itu, 2 buku selesai aku baca. Walaupun bukunya itu buku novel sama cerita, tapi yang penting kebiasaan membaca buku masih aku terus lakukan," jelasnya.
Bahkan, dia menegaskan, dengan banyak membaca buku, tidak hanya wawasan pengetahuan terus meningkat. Akan tetapi, menjadi modal besar untuk dapat terus berprestasi di kelasnya. "Prestasi di kelas, aku juara 4 A, Kalau cita-cita aku pengen jadi dokter bedah umum," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template