Ratusan Guru Ditatar Kurtilas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ratusan Guru Ditatar Kurtilas

Ratusan Guru Ditatar Kurtilas

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Mei 2017 | 12.30.00

LEMAHABANG, RAKA - Ratusan Guru SD berikut Kepala Sekolah (Kepsek) ditatar penerapan Kurikulum 2013 (Kurtilas). Penataran yang berlangsung pada 8 Mei hingga 13 Mei mendatang melibatkan 22 Tempat Penyelenggaraan Kegiatan (TPK) se Karawang. Kegiatan pelatihan itu sendiri dikomandoi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan akan diterapkan dibeberapa SD ditahun ajaran baru 2017/2018 ini.

Ketua Panitia Pelatihan Kurtilas TPK SDN Ciwaringin 3, Anwar S.Pd MM mengatakan, pihaknya sebagai tuan rumah dipercaya menjadi tempat untuk menatar  112 guru dan Kepsek SD dari kecamatan Lemahabang, Telagasari, Cilamaya Kulon dan Majalaya. Mulai senin (8/6) kemarin, para guru akan ditatar hingga 13 Mei mendatang, sehingga penerapannya langsung diaplikasikan di SD-SD asal sebagaimana hasil yang ditunjuk pihak UPTD yang dipercaya tahun ini. Sebab, siap tidak siap, semua SD pada dasarnya harus sudah merata menerapkan Kurtilas ditahun 2018 mendatang. Untuk saat ini sambung Anwar, pelatihan bukan lagi hal asing, sebab sebelum-sebelumnya, para guru dan Kepsek juga sudah ikuti pelatihan Kurtilas ini. "Kita jadi tuan rumah dari 4 Kecamatan, karena selain di sini ada 21 TPK lainnya yang menjadi tempat pelatihan kurtilas masing-masing," ujarnya.
Kepala SDN Ciwaringin 3 ini menambahkan, rincian peserta yang hadir di TPK Lmahabang ini yaitu selain guru-guru Lemahabang dari 11 SD, juga ada dari Telagasari 3 SD, Cilamaya Kulon 2 SD dan Majalaya 6 SD. Setiap guru yang jadi peserta, dikelas-kelas selama ditatar langsung oleh para Pengawas UPTD Pendidikan. Seperti Kelas 1 misalnya sebanyak 40 orang, kelas IV 40 orang dan Kelas PAI sebanyak 32 orang orang. Ia berharap hasil dari pelatihan ini bisa lancar hingga akhir, sebab dihari tanggal merah saja, pelatihan ini jalan terus. Karena, dimaksudkan untuk pematangan saat Kurikulum diterapkan ditahun ajaran baru ini, apalagi pembiayan pelatihan dan pelaksanaan Kurtilas ini sudah disiapkan oleh LPMP dari Kemendikbud. "Tidak semua guru kelas ditatar, Kurtilas ini kan dibagi-bagi, kita harap semuanya berjalan lancar dan sukses," ungkapnya.
Kepala SDN Waringinkarya 1, Buang S.pd mengatakan, Sekolahnya ikut serta penerapan Kurtilas ditahun ajaran baru nanti. Karena itu, selain dirinya, ara guru-guru juga ikut di tatar, meskipun semenjak ada Kurtilas sempat ikut pula di tatar. Ia berharap, bukan saja pelatihannya saja yang lancar dan bisa dikuasai peserta, tetapi pelaksanaan Kurtilasnya juga nanti bisa semakin fleksibel dan mudah diberi akses medianya, baik pengadaan buku, format administrasi maupun pembiayaannya. Karena, sia-sia jika pelatihan sudah mantap dengan beragam teori dan pengetahuannya, namun saat pelaksanaan tidak selancar yang di kira." Kita harap bukan saja lancar di pelatihannya, tapi Kurtilas ini juga lancar di pelaksanaannya," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template