Rastra 9 Kecamatan Siap Didistribusikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rastra 9 Kecamatan Siap Didistribusikan

Rastra 9 Kecamatan Siap Didistribusikan

Written By Mang Raka on Kamis, 18 Mei 2017 | 15.00.00


TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Selain upaya meningkatkan ketahanan pangan dua agenda lain yang mendapat sorotan serius Pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat adalah perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Tiga hal itu dibahas saat sosialisasi beras sejahtera (rastra) di aula kecamatan itu, Rabu (17/5).

Sekitar 50 Kepala Urusan Bendahara sembilan Kecamatan mengikut sosialisasi beras sejahtera tahun 2017. Kegiatan yang dihadiri aparatur sembilan kecamatan membahas mengenai penyaluran rasta tahun 2017 ini, selain untuk meningkatkan ketahanan pangan sekaligus penganggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin.
Penyaluran Rasta juga memberikan efek bagi para petani untuk stabilitas harga beras di pasaran serta mempermudah bagi petani untuk memasarkan hasil pertanian dalam bentuk beras, menjaga stok pangan nasional dan membantu pertumbuhan ekonomi daerah. Hal itu yang jelaskan Kasubbag Pemberdayaan Perekonomian Widiantara bahwa standar rasta yang harus disalurkan ke masyarakat dalam timbangan kilogram (Kg) bukan liter.
Tahun 2016 lalu, lanjut Widiantara sudah disalurkan sebanyak 19.612.800 Kg Rasta dengan 108.960 RTS-PM sebagai penerima. Kades atau stafnya harus cek dulu kwalitas Rasta yang diterima sebelum disalurkan ke masyarakat, bila kualitasnya jelek, jangan diterima. "Rasta yang didistribusikan dari Bulog beratnya 50 kg per karungnya, bila ditemukan adanya pengurangan berat timbangan, maka segera laporkan agar bisa ditindak lanjuti. Untuk uang Rasta itu harus segera disetorkan, tidak dibenarkan bila dititipkan ke Kecamatan," ucapnya.
Hal senada  dikatakan Pjs. Desa Wanakerta, Ocang, program Subsidi Pangan (Rastra) adalah Penyaluran beras bersubsidi bagi kelompok masyarakat berpendapatan rendah bertujuan untuk mengurangai beban pengeluaran para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam memenuhi kebutuhan pangan. "Sosialisasi Program Subsidi Pangan (Rastra) adalah penunjang program untuk memberikan informasi yang lengkap sekaligus pemahaman yang sama dan benar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan masyarakat umum," tandasnya.
Sementara penunjang program itu meliputi latar belakang, pengelolaan sasaran, mekanisme pelaksanaan serta Kebijakan Program Pemerintah yang merupakan bagian dari sistem Ketahanan Pangan Nasional. Selain bertujuan untuk mengetahui gejolak yang timbul dilapangan serta membantu bagi semua pemangku kepentingan. termasuk masyarakat umum dalam mendistribusikan penyaluran rastra sesuai dengan rencana indikator pada kegiatan tersebut telah berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal dan sasaran yang ditetapkan.
Kaur Bendahara Desa Mekarbuana Casmugi, menjelaskan dengan diadakan Kegiatan Sosialisasi Subsidi Pangan ini diharapkan dapat menambah wawasan Aparat Kecamatan, Kelurahan, KPM maupun masyarakat umum dalam mendistribusikan Rastra. "Nantinya kami dalam bekerja pun akan merasa nyaman warga bisa terlayani dengan baik juga kepada panitia pelaksana agar sekiranya dapat menyampaikan laporan serta pengaduan apabila terjadi gejolak di lapangan," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template