Puting Beliung Sapu Sukasari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Puting Beliung Sapu Sukasari

Puting Beliung Sapu Sukasari

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Mei 2017 | 14.00.00

*Warung Bakso Dipinggir Jalan Terbang ke Kebun

PURWASARI, RAKA - Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, setelah angin puting beliung mengamuk dan memporak-porandakan sejumlah bangunan liar berserta isinya, di ruas Jalan Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari, Selasa (2/5) sekitar pukul 02.30 WIB.

Imam (24) saksi mata kejadian mengatakan peristiwa berlangsung amat cepat. Ketika itu dia tengah berteduh disebuah warung di pinggir jalan karena hujan deras disertai angin kencang. Tanpa diduga-duga yang sebelumnya memang sudah kencang mendadak semperti mengamuk. Imam tidak sempat menyadari apa yang terjadi ketika tahu-tahu bangunan semi permanen tempat berjualan bakso tidak jauh dari tempat dia berteduh porak-poranda disapu angin kencang.
"Anginnya gede banget, pertama seng atap terbawa angin sampai ngeleweatin jalan sejauh 30 meteran lalu disusul barang-barang dagangan lainnya," kata Imam. Dia menuturkan pemilik warung bakso Oledan itu bernama Suhendi (40) warga Cengkong, Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari. Imam sendiri menaksir kerugian mencapai puluhan juta rupiah dari sejumlah warung yang ikut roboh diterjang angin puting beliung.
Bukan hanya itu kertika berada di lokasi kejadian terlihat salah seorang pembeli yang tengah makan di warung baso tersebut tiba-tiba kaget dengan kejadian itu dan melarikan diri ke tempat yang lebih aman untuk mendapatkan pertolongan. Namun sayangnya semua dagangan serta fasilitas usaha baso tidak sempat mendapatkan pertolongan. "Semuanya kaget, boro-boro mau ngurusin dagangan orang-orang lari semua," ucapnya.
Suhendi yang merupakan pemiliki usaha baso oledan tersebut hanya bersikap pasrah dengan kejadian yang dialaminya, bagi dia semua sudah menjadi musibah yang tidak bisa dihindarinya. Dengan dibantu warga serta para pedagang lainnya tempat usaha yang baso yang sudah puluhan tahun itu kini tengah dilakukan pengangkutan. "Mau gimana lagi semuanya sudah terjadi lagian juga ini musibah," ucapnya.
Dia juga menerangkan bahwa ketika kejadian berlangsung untungnya tidak ada korban jiwa serta luka yang dialami oleh pengunjung dan keluaraganya. Hanya semua tempat usahanya saja yang ludes seketika oleh angin puting beliung. "Kalau kerugian semuanya hampir 30 jutaan, ya satu-satunya usaha saya ya ini saja tidak ada lagi, semua rusak, atap bangunan dan dagangan baso ngga ada yang menyisa," akunya.
Bukan hanya itu  semua usaha baso yang sudah lama didirikannya itu tidak sama sekali ada yang tersisa, hanya puing-puing sisa bangunan serta pecahan dari dagangannya saja yang ada. "Semuanya empat bangunan baso bersampingan rusak semua," tuturnya.
Kini dirinya hanya bersikap pasrah dengan berharap ada bantuan dari pemerintah seperti Badan Penenaggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk lebih memperhatikan para korban bencana. "Harapannya semoga ada bantuan saja dari pemerintah semoga bisa membuat usaha lagi begitu," harapnya.
Anggota Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Darim yang ikut membantu keluarga korban bencana daerah itu mengaku sangat prihatin dengan kejadian tersebut. Semoga kata dia keluaraga yang mengalami musibah bisa diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapinya. "Setelah dapat kabar saya langsung cek lokasi kejadian dan ternyata bener. hanya sayangnya sampai sekitar jam 5 sore belum ada aparat pemerintah lainnya seperti penanggulangan bencana daerah yang hadir semua kerusakan diurus sama warga setempat kerja gotong royong," ucapnya.
Sementara pantauan Radar Karawang dilapangan terlihat hanya masyarakat setempat yang tengah melakukan perbaikan tanpa adanya aparat pemerintahan. Sejumlah pengendara yang melintas juga ikut meramaikan lokasi kejadian dengan berhenti sebentar di jalan. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template