Petani Brokoli Rugi Besar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Brokoli Rugi Besar

Petani Brokoli Rugi Besar

Written By Mang Raka on Selasa, 23 Mei 2017 | 14.30.00

- Akibat Serangan Hama Ulat

KUTAWALUYA, RAKA - Petani brokoli Dusun Cikulutuk, Desa Sindangkarya, mengaku rugi puluhan juta setelah tanamannya diserang hama ulat. Padahal, tanaman brokolinya ini merupakan proses tanam yang kedua, setelah yang pertama mengalami gagal total akibat hama yang sama. Pada panen kali ini, lahan yang dikelolanya hanya dapat menghasilkan 5 ton brokoli. Padahal, pada panen sebelumnya, meski terbilang gagal panen, hasil yang diperoleh masih lebih lumayan karena bisa dapat belasan ton.
Petani brokoli Ja'i (60), mengaku gagal panen setelah tanaman brokolinya diserang hama ulat. Dengan menggunakan lahan seluas 1 hektare untuk menanam brokoli, ia mengaku mengeluarkan modal hingga Rp 30 juta. "Modal saya lumayan besar, tapi ya begini lah hasilnya, habis diserang ulat," katanya, kepada Radar Karawang.
Kendatipun sudah berusaha keras untuk mengusir hama ulat yang sering kali menyerang dengan obat-obatan yang dinilai mahal harganya, namun hama ulat tidak gentar juga. Justru malah semakin membandel dan hasil pertaniannya pun buruk.
Dikatakannya, ia mengaku menanam brokoli untuk menyiapkan modal pertanian padinya yang akan datang. Mengingat, lahan yang ia gunakan saat ini sering digunakan untuk menanam padi. Lebih lanjutnya, selang penanaman padi, ia menanam brokoli sebagai pengganti aktifitasnya sehari-hari. Pasalnya, ia menggunakan program Padi, Padi, Palawija (PPP). "Sayang aja kalau ada lahan nganggur gak digunakan bertanam, dan kalau untung niatnya buat modal tanam padi, eh malah kaya gini," keluhnya.
Ia berharap, kepada pemerintah jika melihat petani yang benar-benar memperjuangkan hidup bisa dilirik dan bisa diperhatikan. Ia mengatakan, bahwa petani Karawang khususnya menjadi pemasok beras dan sandang pangan ibukota. Dan lagi, ketika ada kenaikan harga semvako dipasaran, keuntungan petani justru tidak bertambah. "Buat pemerintah lihatlah kami kaum bawah yang benar-benar kesusahan, jangan ketika butuu suara saja kami diperhatikan," pungkasnya.(rok)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Assalamualaikum

    NEGERI ini bisa makmur karena adax para petani yg siap mengabdikan diri berjuang yg terbaik untuk bangsa
    Disini saya sbgai warga karawang sangat prihatin dgn adax gagal panen yg dialami para petani & saya siap membagikan ilmu yg saya miliki,hub wa saya:082111791216

    Kl boleh tlg donk gan no hp si petanix/almt jlzx si petani kol dikarawang tpatx dmn...???blz

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template