Pendatang Bangun Perekonomian Rakyat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pendatang Bangun Perekonomian Rakyat

Pendatang Bangun Perekonomian Rakyat

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Mei 2017 | 12.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Menggeluti usaha yang memang menghasilkan rezeki itu menjadi prioritas pelaku usaha. Begitu pun dengan warga urban yang mengadu nasib di Kabupaten Karawang.

Hampir dipastikan pelaku usaha disekitaran Jalan Perumnas Peruri Desa Sirnabaya, pendatang. Mereka coba mengais rezeki dari berbagai jenis usaha dan jasa juga yang lainnya. Mereka datang bukan dengan bekal kosong melainkan membawa suatu kemampuan sehingga berani bertaruh mengais rezeki di kota lain seperti saat itu.
Sekitar 60 jenis usaha yang ada didominasi pendatang yang menyuguhkan berbagai jenis usaha, salah satu nya pembuat jok motor. Ali (39) warga Kabupaten Cirebon itu mengadu peruntungan di Kota Padi Karawang. Selama 10 tahun coba geluti usaha yang jarang setiap orang mampu memiliki keahlian itu. Dalam satu hari tak jarang sekitar 10 sampai 15 motor gunakan jasanya. Penghasilan rata-rata per harinya sekitar Rp 200.000 bahkan lebih. Meskipun kini telah banyak pesaing, namun tidak membuat dirinya patah arang. Kini bahkan bisa memperkerjakan warga sekitar dengan ketrampilan tersebut. Sekitar 5 karyawan kini bekerja padanya. Bahkan kini miliki kios sebagai kepanjangan tangan dari kios utama yang berada di jalan utama Perum Peruri, Telukjambe.
"Memang di butuhkan keuletan dan kesabaran. Saya kini pergunakan karyawan tambahan yang semua nya dari warga sekitar dan yang mau berusaha dari titik nol. Demikian dengan saya awal pertama datang, omset saya tidak begitu baik. Harga per satu bungkus jok motor saya hargai variasi dari Rp. 55.000 per item hingga yang paling mahal Rp. 120.000 per item. Alhamdulillah kini pelanggan saya sudah banyak, sehingga saya mesti membuka cabang di lain tempat agar bisa memenuhi keinginan pelanggan dan tidak mau mengecewakan mereka," ungkapnya.
Dirinya mengaku usaha nya tersebut tidak serta merta langsung ramai. Dirinya mengakui jatuh bangun membuka usaha yang sudah lama di geluti nya tersebut,"Dari awal buka saya buka lapak bukan disini, sebelumnya di Johar, namun karena harga kios mahal maka saya pun pindah. Ditambah lagi keluarga istri dan anak saya pun mesti saya bawa ke sini agar anak saya bisa bersekolah disini. Dan sekarang saya sudah menetap lama disini seperti nya akan berdomisili disini karena di tanah kelahiran sudah tidak punyai keluarga.
Sementara, ditempat yang sama, Willy (21) pelanggan mengatakan jika jok motor hasil kerjaan Ali memiliki ciri yang berbeda yaitu tingkat kerapihan dan kualitas jok yang baik sehingga dirinya merasa sudah nyaman menggunakan jasanya. "Sejauh ini service nya cukup memuaskan maka saya jarang ke orang lain mending ke tempat ini selain cepat, jok nya berkualitas juga harga tidak terlalu mahal, ya wajar kalau yang datang bukan saja motor, kendaraan roda empat pun juga datang ke sini. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template