Pasar Induk akan Dibangun di Karangpawitan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasar Induk akan Dibangun di Karangpawitan

Pasar Induk akan Dibangun di Karangpawitan

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Mei 2017 | 12.00.00

*Pasar Beras Johar Bakal Direlokasi

KARAWANG, RAKA - Kendati tidak separah sebelum dilakukan perbaikan Jalan Wirasaba, aktivitas bongkar muat beras masih terus berlangsung. Hanya saja lokasinya tidak di pasar induk beras yang berada dilingkungan Pasar Johar, melainkan disepanjang Jalan Singadiredja hingga Jalan Wirasaba, sehingga mengakibatkan kemacetan parah secara permanen setiap pagi. Bahkan khusus Sabtu dan Minggu aktivitasnya malah melebar hingga ke Jalan Tuparev Johar.

Mengacu terhadap imbas macet yang ditimbulkan, Pemerintah Karawang berencana merelokasi pasar induk beras tersebut. Informasi terakhir yang diserap Radar Karawang disebutkan pasar itu akan direlokasi ke Pasar Induk yang aksesnya langsung ke Jalan Baru. Seperti diakui Lurah Karawang Wetan Dedi Supardi, relokasi pasar yang berada di wilayahnya itu rencananya memang di sekitar Jalan Baru dan masuk wilayah Kelurahan Karangpawitan. "Bukan hanya pasar beras tetapi di loasi itu bakal dibangun Pasar Induk. Jadi semua sayuran, buah-buahan termasuk beras nanti ada disitu," kata Dedi, Selasa (9/5).
Dedi sendiri amat mendukung relokasi pasar tersebut. Menurut dia sudah seharusnya dilakukan relokasi pasar beras. Karena bongkar muat beras sering menjadi permasalahan kemacetan johar. Tetapi keluhan kemacetan itu dulu, sedangkan sekarang jalan Tuparev Johar sudah tidak lagi hanya tinggal di jalan wirasaba saja karena banyak kios-kios beras. "Memang sudah over load yah. Harus ada relokasi (pasar beras)," ujarnya.
Meski demikian dia juga masih belum tahu secara pasti kapan pembangunan pasar induk tersebut akan dilakukan. Karena sejauh ini belum ada info lebih lanjut yang masuk kepada dirinya selaku lurah Karawang Wetan kaitan dengan rencana relokasi para pedagang beras yang sudah punya kios di pasar Johar. "Belum tahu sih kapan. Tapi katanya sudah dialokasikan anggarannya," pungkasnya.
Sementara Camat Karawang Barat, Wiwiek Krisnawati, disinggung soal rencama pembangunan Pasar Induk di wilayah, mengatakan sebenarnya rencana pembangunan pasar induk itu berawal pada saat camat karawang barat dijabat sebelum dirinya. Tetapi pada perkembangannya pernah ada pemaparan yang dilakukan pihak pengembang terkait pembangunan pasar induk tersebut saat dia baru menjadi Camat Karawang Barat.
Bahkan bukan hanya itu, rencana titik yang akan dibangunnya juga sudah disampaikan, yaitu sekitar Jalan Baru yang masuknya wilayah kelurahan Karangpawitan. Tetapi sampai saat ini dia belum mendengar bagai mana progresnya. "Pernah dulu ada pemaparan, tapi sampai sekarang kami gak tahu bagaimana perkembangannya," kata Wiwiek.
Dia bahkan mempersilahkan agar wartawan melakukan konfirmasi kepihak perizinan dalam hal ini DPMPTSP termasuk Disperindagtamben. Karena sejauh ini belum ada kabar sampai sejauh mana progresnya, apakah sudah sampai tahap perizinan atau sampai sejauh mana. "Silahkan ke perizinan atau ke indag," ucapnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template