Musim Kemarau Datang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Musim Kemarau Datang

Musim Kemarau Datang

Written By Mang Raka on Rabu, 24 Mei 2017 | 14.00.00

- Warga Batu Tumpang Mulai Kesulitan Air Bersih

TEGALWARU, RAKA - Tanda-tanda datangnya musim kemarau, mulai dirasakan warga di Kampung Cariu, Desa Batu Tumpang, Kecamatan Tegalwaru. Pasalnya, warga mengaku saat ini mulai mengalami kesulitan air paska beberapa pekan tak kunjung turun hujan.
"Ia, sekarang sumur kami sudah tidak ada airnya, tapi mudah-mudahan hujan segera datang," kata Asep Muhtar, kepada Radar Karawang, Selasa (23/5).
Meski tak separah di tahun-tahun sebelumnya, namun Asep mengaku, tetap was-was. Sebab menurutnya, wilayah Kampung Cariu terbilang paling parah kesulitan air saat musim kemarau. "Tahun kemarin untuk konsumsi sehari-hari biasanya dipasok dari luar desa ada dari PDAM dan bantuan dari PLTA Cirata," bebernya.
Diketahui, Desa Batu Tumpang, Kecamatan Tegalwaru merupakan wilayah kekeringan terparah di Kabupaten Purwakarta saat kemarau tiba. Dengan jumlah penduduk sekitar  5.661 jiwa dengan bermata pencaharian sebagai buruh harian lepas. Saat musim kemarau panjang hampir seluruh masyarakat kesulitan air bersih. Bahkan, sebagian warga harus memanfaatkan kubangan air untuk keperluan sehari-hari. Sementara untuk mencegah sulitnya air di tahun ini, berbagai upaya dilakukan pemerintah desa setempat untuk mengantisipasi sulitnya air bersih. Salah satunya dengan pembuatan sumur gali dan pipanisasi. "Untuk antisipasi musim kemarau kali ini, kita membuat sumur di delapan titik,''kata Kepala Desa Dadan Rustiawan, melalui Bendahara Desa Batu Tumpang, Dudung Durahman, belum lama ini.
Menurutnya, dengan pembuatan sumur gali di delapan titik itu diharapakan, sulitnya sarana air bersih saat musim kemarau panjang yang sering terjadi dapat teratasi. Pasalnya, tujuh dari 12 RT yang ada di wilayahnya, merupakan titik terawan kekeringan saat musim kemarau. "Dari RT 01 sampai 07 sering kekeringan, apalagi saat kemarau panjang," jelasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template