Minat Baca SDN Cikampek Utara 1 Meningkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Minat Baca SDN Cikampek Utara 1 Meningkat

Minat Baca SDN Cikampek Utara 1 Meningkat

Written By ayah satria on Sabtu, 06 Mei 2017 | 19.00.00

KARAWANG, RAKA - Minat baca di lingkungan SDN Cikampek Utara 1 kian tinggi. Seluruh siswa di sekolah ini sangat antusias dalam mengimplementasikan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui West Java Leader's Reading  Challenge (WJLRC) yang dicanangkan Dinas Pendidikan Provinsi menuai hasil. Hal itu bertujuan dalam meningkatkan minat baca dikalangan pelajar.
Kordinator Penggerak Literasi Sekolah, Lina Marliana, menyampaikan, dengan tema Gerakan Maca Cikampek Utara 1, program literasi sekolah yang dikemas di sekolah tersebut menuai hasil yang memuaskan. Para siswa tidak hanya menjalani rutinitas membaca, akan tetapi mampu merealisasikan hasil baca berbentuk karya tulis. "Hasil karya yang diciptakan para siswa bisa terlihat dengan adanya pohon Gerakan Literasi Sekolah (Geulis) dengan seluruh daunnya tertulis judul buku yang mereka baca setiap minggunya," ujarnya, kepada Radar Karawang, di ruang guru, Jumat (5/5).
Bahkan, para siswa tidak hanya mampu mereview buku yang dibacanya dalam bentuk rangkuman dan mempersentasi siswa usai membaca. Akan tetapi, kebiasaan membaca di lingkungan sekolah kian tinggi. "Program Gerakan Literasi Sekolah ini untuk Readhaton atau membaca senyap diikuti seluruh warga sekolah. Sedangkan untuk WJLRC, hanya siswa pilihan yang melakukannya, karena siswa pilihan itu nantinya diwajibkan untuk mereview dan mempersentasikan, serta menciptakan karya, hasil kreasi siswa pilihan ini nantinya," katanya.
Meski seluruh siswa di sekolah ini keseluruhan 800 siswa, ia menyampaikan, 40 siswa pilihan dalam menjalankan program WJLRC dipersiapkan dalam menjalankan program tersebut. Hal itu karena program literasi sekolah untuk ditingkatan SD hanya sekolah dasar pilihan saja, dapat menjalankan program yang dicanangkan pemerintah provinsi. "Sekolah kami, sekolah yang dipilih untuk menjalankan program literasi sekolah melalui GLS dengan WJLRC. Sehingga, dari banyaknya siswa di sekolah ini hanya 40 orang siswa untuk menjalankan program wajib ini," ucapnya.
Dia berharap, dengan menjaring para siswa berprestasi serta memiliki hobi membaca paling tinggi. Mampu memberikan bukti terealiasasinya program tersebut. Sehingga, dengan adanya program literasi sekolah ini, menjadi upaya dalam menumbuhkan budaya baca dikalangan pelajar di usia dini. "Siswa pilihan kami, merupakan siswa yang memiliki prestasi dan juga punya rasa kegemaran membaca buku paling tinggi, jadi kami yakin ini bisa berjalan dengan lancar," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template