Menjelang Ramadan Warga Diminta Tingkatkan Keamanan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Menjelang Ramadan Warga Diminta Tingkatkan Keamanan

Menjelang Ramadan Warga Diminta Tingkatkan Keamanan

Written By Mang Raka on Selasa, 09 Mei 2017 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Tidak lama lagi bulan suci Ramadan akan tiba, tetapi berdasarkan kebiasaan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya angka kriminalitas juga ikut meningkat, oleh karenanya warga dihimbau untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Lurah Karawang Wetan, Dedi Supardi mengatakan itu, Senin (8/5) saat ditemui RAKA seusai perayaan isra mi'raj dan penyambutan bulan suci Ramadan. "Kita menghimbau agar warga terus meningkatkan keamanan. Terus lakukan ronda malam," ujar Dedi.
Menurut Dedi, angka kriminalitas dibulan suci ramadhan biasanya meningkat, karena banyak orang yang membutuhkan materi untuk menjalani bulan tersebut. Seperti kebutuhan dapur, pakaian dan lain sebagainya. Oleh karenanya saat kebutuhan tinggi kemudian pendapatan terbatas, maka bisa saja dia melakukan tindakan kriminal seperti pencurian dan sebagainya. "Kami sebenarnya sudah terbiasa melakukan ronda malam. Baik yang dilakukan oleh warga maupun oleh linmas," katanya.
Dia juga menyampaikan, bagi warga yang dilingkungannya belum ada ronda malam, maka bisa dilakukan enjadwalan ronda secara bergiliran. Seperti yang dilakukan pada umumnya masyarakat. Atau mangoptimalkan linmas, tentu dengan memperhatikan kebutuhannya. "Jadi bagi RT/RW silahkan atur agar warganya bisa terjaga, bisa selalu tertib," ujarnya.
Dia sendiri selalu berkomunikasi dengan forum komunikasi kelurahan yang didalamnya terdapat TNI/Polri, Karang Taruna, LPM dan lain sebagainya. Bahkan dia memberikan jaminan bahwa forum komunikasi kelurahan tersebut selalu siap siaga untuk menciptakan kelurahan karawang wetan yang aman, tertib dan penuh prestasi. Lain dari itu, diperumahan-perumahan sendiri, tambah Dedi, sudah ada keamanan satu pintu, yaitu siapa saja yang mau masuk ataupun mau keluar dari perumahan harus menunjukan tanda pengenal. "Kalau keluar atau masuk harus menunjukan kartu identitas kepada petugas keamanan yang stand by di gerbang. Ini bagus yah, seperti dilakukan di Perum Gading Elok," bebernya.
Selain himbauan kepada waraga untuk meningkatkan keamanan, Dedi juga menyampaikan agar semua warga bisa menyambut dengan gembira atas kehadiran bulan ramadhan. Sehingga dibulan suci tersebut bisa dijadikan ajang untuk mendekatkan meningkatkan ibadah. "Marilah mempersiapkan diri baik fisik maupun pesak. Dalam rangka meningkatkan ibadah dibulan suci ramadhan," ajaknya.
Sementara perwakilan Kecamatan Karawang Timur H Muhidin, juga menyampaikan hal serupa, yaitu untuk meningkatkan keamanan. Pasalnya belum lama ini Kelurahan Plawad dibobol oleh maling. Oleh karenanya dia meminta agar setiap lurah bisa menjaga kantornya dengan baik dan menjadwalkan piket malam. "Karena kalau kebobolan, terus komputernya hilang. Maka data-data akan hilang. Untuk itu kami juga meminta agar kelurahan melakukan back up data dengan hardisk eksternal," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template