Membaca, Diskusi dan Menulis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Membaca, Diskusi dan Menulis

Membaca, Diskusi dan Menulis

Written By Mang Raka on Rabu, 24 Mei 2017 | 14.00.00

- Tradisi Mahasiswa AMIK BSI Cikampek

KARAWANG, RAKA - Tidak hanya minat baca yang terus meningkat. Namun, berbagai rutinitas positif mahasiswa AMIK BSI Cikampek, ternyata patut dicontoh. Dalam mengisi kekosongan jam kuliah, para kaum intelektual tersebut, mengkemasnya dengan berbagai wahana diskusi yang berbau keilmuan di bidang jurusannya.
Yogi Adi Permana, mahasiswa AMIK BSI Cikampek, menyampaikan, sudah menjadi kebiasaan para mahasiswa di kampus BSI Cikampek dalam mengisi kekosongan waktu kuliahnya dengan diadakan berbagai forum diskusi terkait mata kuliah yang dipelajari. Bukan hanya itu, dengan adanya forum-forum tersebut, menjadikan upaya yang begitu dinamis keberadaan kampus dinilai lebih hidup dengan nuansa keilmuan. "Memang setiap hari juga seperti itu, biasanya setiap kumpulan itu, merupakan para mahasiswa disetiap kelasnya. Biasanya, mereka membahas tentang mata kuliah dijurusan Informatika," ujarnya, kepada Radar Karawang, dilingkungan kampus, Selasa (23/5).
Yogi, mahasiswa yang duduk di semester 2 jurusan Manajemen Informatika ini melanjutkan, tidak hanya rutinitas forum diskusi yang menjadi pembeda dalam menghidupkan suasana kampusnya. Akan tetapi, keberadaan organisasi internal kampus, merupakan hal penting untuk menjadi wadah kreatifitas dan kualitas siswa terus ditingkatkan. "Penting juga, belajar organisasi, karena dengan adanya organisasi. Kita tidak hanya mendalami keilmuan di jurusan saja, akan tetapi dapat menyerap berbagai keilmuan diberbagai bidang lain, sebagai bentuk suplemen pengetahuan selama ini," paparnya.
Nuansa diskusi dan berorganisasi, menurutnya, penting sekali berada di tengah-tengah proses pembelajaran mahasiswa di AMik BSI Cikampek. Karena, dengan ada kedua bidang tersebut. Kemampuan mahasiswa dapat ditingkatkan. "Semoga, dengan intensitas belajar yang terus dipertahankan, mampu melahirkan para sarjana lulusan Kampus BSI patut untuk diperhitungkan," katanya.
Hal serupa, dituturkan Asri Fitriani, Bidang Administrasi dan Perpustakan Kampus Amik BSI Cikampek. Fasilitas kampus dalam melahirkan para mahasiswa yang berkualitas keilmuan di jurusannya, dengan ditunjang ribuan buku yang selama ini dapat menjadi modal para mahasiswa diberbagai angkatan, mempelajari keilmuan informatika selama ini. "Kalau untuk minat baca, mahasiswa ini cukup tinggi sekali. Sehari mencapai 20 hingga 50 orang yang mengunjung perpustakaan kampus, dengan meminjam buku sekurangnya 4 hingga 5 buku untuk dibaca," terangnya.
Adapun tiga bulan terakhir ini, lanjut dia, para mahasiswa yang sangat sering mengunjungi perpustakaan tersebut, yang berada di semester akhir. Hal itu, karena adanya tugas akhir yang sedang dilakoni para mahasiswa di semester akhir. "Untuk yang baca, kurang lebih 75 persen itu kebanyakan para mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhirnya, untuk semester 2 sampai semester 4 karena kurang lebih 60 sampai 50 persen saja, tapi perpustakaan di kampus kami tidak pernah sepi. Malah ramai terus, sehingga semua buku tercatat 1.631 buku dengan mayoritas buku keilmuan informatika ini, cukup untuk memfasilitasi mahasiswa di sini," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template