Masa Berlaku e-KTP Bermasalah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masa Berlaku e-KTP Bermasalah

Masa Berlaku e-KTP Bermasalah

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Mei 2017 | 15.30.00

KOTABARU, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang hingga kepala desa harus bekerja ekstra keras, mensosialisasikan jika masa berlaku KTP elektronik (e-KTP) seumur hidup, walaupun ada yang tertulis masa berlaku seperti 2016, dan 2017.
Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cikampek Utara Endang Suhardi menyampaikan, pihaknya sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa, agar masyarakat pahak jika e-KTP berlaku seumur hidup. "Banyak yang mengadu sama saya e-KTP saat digunakan ke bank atau intansi lain, masih saja dipersoalkan masa berlakunya. Padahal sudah jelas KTP nya sudah e-KTP bukan yang dulu," tuturnya kepada Radar Karawang, Selasa (2/5) kemarin.
Menurutnya, hal ini perlu penindakan dari Pemerintah Kabupaten Karawang, sehingga masyarakat di daerah tidak harus kesulitan saat mengurus dokumen, terutama pihak-pihak yang sampai saat ini masih mempersulit masyarakat. "e-KTP kenyataan di lapangan masih banyak yang menolak, sekalipun aturan Mendagri sudah disampaikan," ujarnya.
Ia juga mengatakan, entah apa yang menjadi persoalan, apa memang karena tidak tahu apakah tidak mau tahu. Yang jelas, pemerintah pusat atau pemeritah daerah harus saling bersinergi untuk mengatasi persoalan ini. "Pemda dan pemerintah pusat harus bersinergi menginformasikan kepada instansi-instansi terkait, seperti bank untuk tidak mempersulit masyarakat," tuturnya.
Diketahui, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran terkait e-KTP pada 29 Januari 2016. Isinya menyatakan semua e-KTP berlaku seumur hidup, walaupun ada yang tertulis masa berlaku seperti 2016, dan 2017 tetapi berlakunya sama seumur hidup. Surat Edaran Mendagri tersebut menegaskan sekaligus menjawab keraguan sebagian pihak, terkait masa akhir berlaku e-KTP yang tertera pada kartu. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template