Malam Pertama Bulan Ramadan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Malam Pertama Bulan Ramadan

Malam Pertama Bulan Ramadan

Written By Mang Raka on Sabtu, 27 Mei 2017 | 12.00.00

Jamaah Tarawih di Masjid Agung Meluber

KARAWANG, RAKA - Salat tarawih malam pertama bulan Ramadan disambut antusias oleh warga Kabupaten Karawang, Jumat (26/5) kemarin. Di Alun-alun misalnya, para jamaah terlihat berbondong-bondong mendatangi Masjid Agung.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, jamaah salat tarawaih yang diimami oleh KH Ujang Mashudi MM, di masjid berusia 500 tahun itu tidak tertampung hingga meluber ke pelataran. Agar tidak terjadi hal yang diinginkan, petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan terlihat berjaga di area parket dekat alun-alun. "Alhamdulillah bisa salat tarawih lagi tahun ini," ungkap Andri Maulana (29) warga Anjung, Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat.
Sebelumnya, pemerintah memastikan awal Ramadan tahun ini jatuh pada Sabtu (27/5) hari ini. Keputusan tersebut diumumkan setelah sebelumnya dilakukan sidang isbat di Aula Gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/5) petang. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, seluruh organisasi Islam ambil bagian dalam sidang isbat ini. Setelah sebelumnya mendengarkan paparan anggota badan hisab rukyat, terkait informasi posisi hilal secara metode hisab. "Metode hisab ini sifatnya hanya informasi perlu dikonfirmasi berdasarkan pengelihatan atau rukyat," kata Lukman.
Di awal sidang isbat, kata Lukman, pihaknya mendapat laporan dari empat titik pengamatan hilal, yang di titik tersebut ada beberapa petugas Kemenag. Mereka adalah petugas yang telah disumpah. "Dan kami dapat laporan dari petugas yang ditugaskan, di NTT, Sulawesi Utara, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu, berdasarkan laporan di bawah sumpah, semuanya berhasil lihat hilal," tegasnya.
Setelah mendengarkan paparan informatif tentang hisab, kemudian dilanjutkan sidang isbat, Kemenag pun mengumumkan sebuah keputusan. "Dengan dua hal hisab dan rukyat, semua peserta sidang bersepakat, malam ini sudah memasuki 1 Ramadan, Sabtu 27 Mei akan menjadi awal puasa Ramadan tahun ini," tandas Lukman. (dkk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template