Lelang Jabatan Sepi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lelang Jabatan Sepi

Lelang Jabatan Sepi

Written By Mang Raka on Rabu, 24 Mei 2017 | 13.00.00

TELAGASARI, RAKA - Proses seleksi lelang jabatan di tiga instansi sudah resmi ditutup. Setelah melalui tahapan tes kesehatan di RSUD, administrasi dan tes tulis, dalam waktu yang tidak begitu lama, tiga orang terbaik bakal berhadapan langsung dengan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.
Seorang PNS yang meminta dirahasiakan namanya mengatakan, jumlah peserta lelang sangat minim meski dua kali dibuka masa pendaftarannya oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Tercatat ada 14 orang saja yang mendaftar, empat untuk posisi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, empat untuk posisi kepala BKPSD dan tujuh PNS di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), semuanya adalah PNS eselon II B yang di akhir pekan kemarin sudah melewati tahapan tes, baik kompetensi, administrasi, tertulis serta kesehatan. Namun, isu tebak-tebakan yang akan menempati posisi khususnya di kepala Dinas LH dan BKPSD sudah banyak bersliweran jauh-jauh hari. Kecuali di DPMD. Itulah sebabnya, sambung sumber, banyak diantara eselon II B ogah-ogahan ikut lelang jabatan. Karena siapa dan jabatan apa yang didapat kesannya sudah bisa diketahui jauh sebelum pendaftaran lelang dimulai. "Ada tujuh di DPMD, empat BKPSD dan empat PNS di Dinas Lingkungan Hidup, yang ikut serta lelang. Padahal eselon II B banyak, tapi sepi peminat, ada apa?" ujarnya kepada Radar Karawang, Selasa (23/5) kemarin.
Ia melanjutkan, semua tahapan seleksi sudah dilakukan, tinggal diberi grade nilai saja. Selebihnya, konon akan diambil tiga orang dengan nilai tertinggi di masing-masing pilihan intansi tersebut. Karena selebihnya akan diwawancarai langsung oleh bupati dan tinggal diumumkan siapa yang berhasil lolos seleksi. "Ujung-ujungnya bupati yang mengeksekusi, bisa saja ada kerawanan latar belakang politis dan intervensi lainnya," tandasnya.
Kabid Mutasi BKPSD Kabupaten Karawang Jajang Jaenudin mengatakan, seluruh tahapan seleksi lelang jabatan diakuinya sudah dilaksanakan termasuk tes wawancara. Disinggung ada wawancara yang dilakukan langsung bupati bagi tiga PNS yang lolos di tiga pilihan instansi, menurut Jajang, hal itu diluar tahapan seleksi. "Tugas panitia seleksi itu sampai dengan memilih tiga calon dari masing-masing jabatan yang kosong," tuturnya.
Ia melanjutkan, dari 14 peserta yang mencalonkan diri dalam seleksi jabatan terbuka, pihaknya sudah mendapat sembilan nama untuk mengisi tiga jabatan kepala dinas. Untuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan ada tiga calon terbaik dari hasil seleksi terbuka, antara lain Heriadi Sutedjo, Rachmayani Hidajat, dan Wawan Setiawan. Sementara untuk Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM antara lain, Asep Aang Rahmatullah, Asep Wahyu Suherman dan Heriadi Sutedjo. Terakhir untuk jabatan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa antara lain, Ade Sudiana, Hamdani dan Herry Heriyadi. "Nama Heriadi Sutedjo lulus seleksi untuk dua jabatan pimpinan tinggi pratama, karena Heriadi mendaftar untuk dua formasi jabatan sekaligus," katanya.
Ditambahkan Jajang, seleksi jabatan terbuka ini merupakan amanat Undang Undang Nomor 45 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pihaknya sudah menjalankan amanat tersebut sesuai aturan yang berlaku. "Hasil seleksi itu akan disampaikan kepada pejabat pembina kepegawaian/bupati Karawang, untuk dipilih dan ditetapkan satu orang dari tiga nama calon tersebut, dari setiap formasi jabatan pimpinan tinggi yang lowong," katanya.
Hasil seleksi ini, kata Jajang, juga merupakan proses yang panjang, setelah dilakukan berbagai tes mulai dari tes kesehatan jasmani, tes kesehatan rohani sampai tes wawancara dan paparan program di hadapan asesor. Pihaknya saat ini tinggal menunggu bupati Karawang, untuk menetapkan dan melantik satu dari tiga nama yang sudah terpilih, untuk masing-masing formasi jabatan pimpinan tinggi pratama. "Untuk pelantikan kita menunggu keputusan bupati," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template