Guru Ideal Menurut Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Ideal Menurut Siswa

Guru Ideal Menurut Siswa

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Mei 2017 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Bertanggung jawab pada waktu, disiplin dalam bertugas, serta memiliki kemampuan yang produktif dalam melakukan pengajaran terhadap seluruh siswa yang diajarkannya. Hal itu merupakan sosok guru yang ideal. Memang semua pendidik beragam cara dalam mengajar. Namun, dengan kedisiplinan waktu dalam bertugas itu mencerminkan sosok pendidik yang ideal dan dapat dibanggakan dikalangan pengajar.
Ketua kelas X5, SMAN 2 Klari, Bella Fitria, menurutnya, sosok guru ideal bagi para siswa, sudah tentu seorang pendidik yang selalu tetap waktu dalam menjalankan tugas. Karena, dengan kedisiplinan yang dipegang teguh seorang pendidik, merupakan bukti bahwasanya, keseriusan dalam mengabdi nampak terlihat jelas. "Kalau menurut aku, sosok  guru yang ideal itu, seorang guru yang disiplin waktu. Jadi mengajar tidak pernah telat," tuturnya, kepada Radar Karawang, di lingkungan sekolah, Selasa (2/5) kemarin.
Bella, siswi dengan karakter humorisnya, melanjutkan, selain disiplin waktu, metode pengajaran yang dilakukan meski dengan serius dilakukan, agar seluruh siswa yang diajarkannya dapat dengan bersungguh-sungguh menyerap transformasi keilmuan yang diberikan saat proses pengajaran. "Ada juga, untuk pas pemberian mata pelajaran itu, bisa memberikan secara maksimal, tanpa adanya gangguan. Jadi dengan terus diulangi, bisa menjadi upaya seluruh siswa dapat mengerti pengajaran yang diberikannya, karena setiap siswa itu berbeda-beda, ada yang mudah cepat paham ada juga yang lama," katanya.
Hal berbeda disampaikan, Arya Gunawan, siswa kelas X, baginya sosok guru yang ideal, merupakan seorang pendidik yang memiliki kemampuan mengajar lebih produktif. Terutama keselarasan dalam basic keilmuannya. Sehingga, saat memberikan mata pelajaran tersebut, dapat dicerna dengan mudah dan dipahami. "Sosok guru yang perfect itu, seperti guru dengan kemampuan mengajarnya bagus, saat memberikan mata pelajaran kesiswanya. Itu bisa terlihat dengan basic gelar yang diambilnya, jadi tidak timpang tindih," paparnya.
Bahkan, keseriusan dan ketegasan dalam mengajar, lanjut dia, sangat dibutuhkan agar dapat mencetak para pelajar yang berkualitas. Selain itu, dengan bersikap wibawah pun, dapat mencerminkan sosok pendidik yang dapat memberikan contoh terhadap anak didiknya. "Terus guru ideal itu, bisa mencontohkan kepribadian yang patut kita tiru, jadi itu sosok guru yang ideal menurut kami selaku siswa," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template