Empat Orang Tewas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Empat Orang Tewas

Empat Orang Tewas

Written By Mang Raka on Sabtu, 20 Mei 2017 | 12.00.00

- Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun KM 91

PURWAKARTA,RAKA - Menyusul kecelakaan beruntun yang terjadi di ruas Tol Cipularang, tepatnya di KM 91 hingga mengakibatkan 4 korban meninggal dunia dan 27 lainya luka-luka, pada Kamis (18/5) malam, petugas gabungan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Olah TKP dilakukan oleh petugas dari Polres purwakarta, Ditlantas Polda Jabar, Mabes Polri, Jasa Marga, Jasa Raharja juga Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta. Olah TKP sempat terhenti sementara akibat adanya kecelakaan susulan sekitar 300 meter dari TKP kecelakaan awal.
Kasubid Pembinaan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Jabar, AKBP Matrius mengatakan, bahwa olah TKP ini metodenya dilakukan dengan traffic accident analisis sistem komputer didudukung alat tiga dimensi. Melalui sistem ini, petugas mampu merekam seluruh peristiwa yang terjadi pada kecelakaan kemarin malam. Olah TKP ini, kata Matrius, untuk mengungkap fakta dan data yang ada sehingga dapat mendukung untuk menetapkan tersangka pada kecelakaan maut beruntun yang melibatkan 10 kendaraan.
Meski sudah memeriksa saksi-saksi di lokasi serta pengemudi dan kernet truk kontainer B 9767U IV, petugas baru mendapatkan keterangan kecelakaan karena truk menghantam sembilan kendaraan di depannya. Baik pengemudi maupun kernet terindikasi menjadi tersangka dalam kecelakaan beruntun itu, namun tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain. "Pada olah TKP yang berlangsung hari ini, pihak Ditjen Perhubungan Darat juga telah memperdalam uji KIR dari kendaraan kontainer B 9769U IV,'' tuturnya, Jumat (19/5). Ancaman hukuman bagi tersangka yakni Pasal 310 tentang Lalu Lintas dengan masa kurungan enam tahun.
Diketahui, terjadinya kecelakan beruntun pada Kamis (18/5) malam itu akibat truk trailer dengan nomor polisi B 9679 UIV diduga mengalami rem blong saat melintasi jalan munurun. Kemudian truk hilang keseimbangan lalu menabrak 9 kendaraan di depannya. Akibat kejadian ini, 4 orang meninggal dunia di lokasi kejadian, sementara 27 orang lainnya luka-luka. Dari 27 orang tersebut 1 diantaranya mengalami luka berat.
Kejadian ini terjadi tepatnya di KM 91, Kampung Batudatar, Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta. "Mulanya truk trailer melaju dari arah Bandung menuju Jakarta, namun karena jalannya lurus dan menurun diduga truk kehilangan keseimbangan," kata Kabid Humas Polda Jabar Yusri Yunus, kepada sejumlah awak media.
Menurut Yusri, karena truk tersebut hilang kendali, maka truk mengambil jalur tengah. Setelah itu truk menabrak Daihatsu? Luxio nopol D 1315 AAL yang sedang berada di lajur kanan. Truk juga menabrak Mazda nopol B 1869 BIO. "Truk juga menyeruduk Isuzu Panther nopol B 1929  WMH dan kendaraan Honda Freed Nopol B 8 FP yang ada didepannya serta menabrak lagi kendaraan yang berada di jalur sebelah kiri yang sedang berhenti mengantri, yaitu kendaraan micro bus elf City Trans nopol D 7905 AM kemudian Toyota Avanza Nopol D 1055 NY serta Toyota Yaris B 1480 FUC,  Xirion B 1875 KZX terakhir bus Kencana Jaya F 7580 SD," ujarnya.
Sehingga akibat dari kejadian tersebut, 1 korban meninggal dunia di TKP, 3 korban meninggal di RS thamrin, 1 luka berat,  26 luka ringan. "Akibatnya? pengemudi bus dan penumpang serta pengemudi Avanza dan penumpang, pengemudi sedan Daihatsu Sirion, mengalami luka dan meninggal dunia," ucapnya.
Untuk kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Namun dari estimasi PJR Cipularang kerugian mencapai Rp 300 juta. Pengemudi truk diketahui bernama Sutrisno (36) yang merupakan warga Desa Kaumanten Lor, Kecamatan Kaumanten, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. (gan)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Sopir truck , sopir bus, bus karyawanlah,atw yg lain juga,..harus sering2 di razia karena mereka2 itu,adalah setan setan jalan,yg sering merugikan orang lain.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template