Distribusi Raskin Dikawal Polisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Distribusi Raskin Dikawal Polisi

Distribusi Raskin Dikawal Polisi

Written By Mang Raka on Rabu, 31 Mei 2017 | 13.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Keterlibatan polisi dalam mendistribusikan beras sejahtera (rastra) diharapkan bisa menjadi solusi distribusi beras yang sebelumnya disebut beras miskin itu agar tepat sasaran. Selama ini sedikit warga yang mengeluhkan tidak mendapatkan raskin padahal jika mengacu terhadap kondisi sosial warga itu termasuk katerogri warga miskin.
Hal itu yang dilakukan jajaran kepolisian sektor (Polsek) Telukjambe Timur, Selasa (30/5). Rastra yang merupakan program pemerintah yang diberikan kepada rakyat ketegori miskin memang dikelola oleh bulog bekerjasa sama dengan pemerintah daerah melalui tingkat kecamatan dan desa. Disstribusi dilakukan oleh aparat desa. "Rencananya Raskin yang berjumlah 374 karung yang akan disalurkan ke masyarakat," ucap Bhabinkamtibmas Desa Telukjambe Aiptu Bambang. Bambang menambahkan keberadaan Bhabinkamtibmas dalam distribusi raskin guna melakukan pemantauan bersama staf desa. Tujuannya tidak terjadi penyalagunaan raskin sehingga distribusinya bisa tepat sasaran.
Sementara Ketua RT 11 Desa Telukjambe, Edwin mengatakan raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumahtangga berpenghasilan rendah sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahananpangan dan memberikan perlindungan sosial kepada rumah tangga sasaran. "Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6 T, yaitu, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi," katanya.
Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Selain  mencegah penurunan konsumsi energi dan protein. Disamping itu raskin bertujuan untuk meningkatkan atau membuka akses pangan keluarga melalui penjualan beras kepada keluarga penerima manfaat dengan jumlah yang telah ditentukan.
Yatma (30) warga Desa Telukjambe menuturkan jika bantuan tersebut sangat diharapkan. Selain itu dia juga berharap agar keberadaan aparat kepolisian bisa mencega adanya penyelewengan raskin agar tepat sasaran. "Dengan diawasi saya yakin distribusinya bisa tepat sasaran dan warga seperti kami cukup sangat terbantu," ucapnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template