Disdik Didesak Tingkatkan SDM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdik Didesak Tingkatkan SDM

Disdik Didesak Tingkatkan SDM

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Mei 2017 | 14.00.00

*Kebijakan Pendidikan Harus Bisa Tingkatkan IPM

KARAWANG, RAKA - Kinerja Dinas Pendidikan (Disdik) Karawang mendapat kritisi pedas. Meski tidak dibilang gagal namun dinas ini didesak agar bekerja lebih keras lagi meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Karawang.

"Kebijakan tentang pendidikan di Karawang harus bisa mendorong kepada peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten karawang," Kata Anggota Komisi D DPRD Karawang, Asep Syaripudin kepada Radar Karawang, Selasa (2/5). Menurut dia masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan Dinas Pendidikan.
Dikatakan Asep, pendidikan gratis bukan hanya sekedar wacana saja terutama bagi siswa miskin. Dengan berbagai macam modus pungutan yang selama ini berjalan dirasa sangat membebankan para siswa miskin termasuk siswa yatim piatu. Selain itu dinas pendidikan juga harus lebih fokus terhadap peningkatan kualitas hasil lulusan dalam rangka menciptakan sumberdaya manusia yang berdaya saing. Dengan banyaknya fasilitas pendidikan yang sudah rusak berat dan kekurangan RKB, pemerintah daerah karawang harus mengalokasi anggaran infrastruktur pendidikn yang signifikan. "Seharusnya dengan APBD Karawang yang menyentuh angka Rp 4 triliun, fasilitas pendidikan di karawang harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.
Dengan kondisi kabupaten karawang sebagai kota industri, dinas pendidikan juga harus menjalin komunikasi dan sinergisitas dengan dunia industri melalui program link and mach dengan pihak perusahaan, khususnya untuk sekolah kejuruan yang ada di kabupten karawang. Dengan demikian lulusan sekolah kejuruan bisa siap pakai di perusahaan. "Di hari pendidikan nasional ini seharusnya menjadi motivasi dan stimulan untuk dinas pendidikan dan seluruh tenaga pendidik untuk meningkat kompetensi dan komitmen tenaga pendidik di karawang dalam mencipatakan SDM karawang yang berkualitas dan berdaya saing," ujarnya.
Berbagai komentar juga disampaikan oleh para Kepala Sekolah di Kabupaten Karawang terkait harapan dan keinginan pendidikan di karawang kedepan. Hal itu menunjukan cukup kuatnya para civitas pendidikan untuk bisa terus melakukan perbaikan dan peningkatan SDM di Karawang.
Seperti disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Jatisari, Hj Euis Arwati, dia berharap Hari Diknas tahun ini bisa mewujudkan Nawacita Presiden Jokowi point ke 8 yaitu Melakukan Revolusi Karakter Bangsa yang di mulai dari pembinaan, pendidikan, pengajaran, pembelajaran baik di KBM maupun pengembangan Bakat, minat, Kreativitas dan di disiplin para peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler yang menumbuh kembangkan  karakter para siswa sesuai dengan Visi dan Misi sekolah. "Tentu saja kita tidak akan lupa apabila memperingati Hardiknas akan langsung teringat pada Bapak Pendidikan yaitu Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh Pendidikan," ujarnya.
Terlebih dengan gagasan dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu Ing ngarso sung tuladha, Ing madya mangun karso, tut wuri handayani yang memiliki arti apabila di depan memberi teladan, di tengah memberi ilham (inspirasi) dan apabila dibelakang memberi dorongan. "Inilah yang menjadi acuan dan juga bagi kami untuk diterapkan dalam kegiatan KBM dimana kita sebagai pendidik tidak memonopoli dalam proses kegiatan pembelajaran," paparnya.
Tetapi, tambah Euis, guru harus memberi contoh dan teladan yang baik bagi para peserta didik,  dan menggali bakat serta karakter yang dimiliki siswa, serta memotivasi, juga menjadi inspirasi para peserta didik untuk bisa menjadi yang terbaik pendidikannya baik di lingkungan sekolah maupun ke tingkat Kecamatan sampai ke tingkat kabupaten bahkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu tingkat Provinsi. "Kami menyadari ketiga peran tersebut tidak bisa berjalan sendiri-sendiri harus merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan Alhamdulillah  Bapak Ibu Guru sudah membuktikan dengan Pengabdian dan pengorbanan mereka dalam mendidik walau di sana sini masih menimbulkan ketidakpuasan," jelasnya lagi.
Sudah dibuktikan dengan banyaknya Siswa SMAN 1 Jatisari yang meraih prestasi baik bidang Akademik maupun non Akademik baik ditingkat Kabupaten bahkan ke tingkat Provinsi.  Dia juga merasa bangga dan bahagia karena dihari pendidikan nasional menerima  sekaligus dua Piala dari Siswa untuk Kejuaraan Paskibra sebagai Juara 1 tingkat MULA dan kejuaraan band Akustik sebagai Juara 1. "Sebelumnya pada tgl 17 April 2017 juga kami menerima dua. Juara 1 dan Juara 3 Lomba SCOUT INTELEGENT FESTIVAL yang di selenggarakan oleh UPI se Purwasukasi," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template