Di Organisasi Belajar Banyak Hal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Di Organisasi Belajar Banyak Hal

Di Organisasi Belajar Banyak Hal

Written By Mang Raka on Rabu, 17 Mei 2017 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Banyak hal baru serta pembelajaran besar saat menyelami dunia organisasi. Tidak hanya kepiawaian dalam dialektika dan retorika saja. Namun, kemampuan diri dalam menyerap berbagai bidang keilmuan begitu berpotensi besar dikuasai. Dalam dunia organisasi tentu terdapat sebuah mekanisme yang menjadi tumpuan dalam meningkatkan kualitas diri para anggota di dalamnya. Maka dari itu, keberadaan organisasi di kalangan mahasiswa memang sangat dinilai penting keberadaannya untuk meningkatkan kualitas diri yang lebih mumpuni.
Rizka Alifah, anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) Cabang Semarang, mengatakan, dalam dunia organisasi memang banyak yang dapat dipelajari. Selain itu, tidak hanya keilmuan di basic akademik yang dapat ditingkatkan. Namun, berbagai keilmuan diberbagai bidang dapat diketahui. Sehingga, hal tersebut yang menjadi pembeda, antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dan tidak aktif dalam berorganisasi. "Ternyata, belajar berorganisasi itu banyak manfaatnya. Selain dapat ikut jenjang tranning di dalam organasasi HmI, banyak juga yang meski dipersiapkan, terutama kualitas keilmuan," tutur Rizka, merupakan mahasiswa semester II jurusan Bahasa Inggris, kepada Radar Karawang, disela -sela proses screening makalah.
Rizka, mahasiswa UIN Wali Songo Semarang ini, melanjutkan, dalam dunia organisasi sudah tentu ada mekanisme pola pengkaderannya. Maka dari itu, dalam berproses memasuki tahapan Latihan Kader II (Intermediate Training), merupakan jenjang pengkaderan yang wajib diikuti para anggota HmI diberbagai wilayah. "Iya, ternyata untuk ikut LK II itu, butuh persiapan yang matang. Karena tidak hanya berbicara keberanian saja. Namun kualitas pengetahuan dan kemampuan diuji dalam training ini, yang di mana cangkupan secara nasional," ucapnya.
Hal senada disampaikan, Laini Asyriyaningsih, kader HmI cabang Pekalongan. Menurutnya, untuk dapat memasuki proses training LK II yang diadakan HmI Cabang Karawang, ternyata tidaklah mudah. Berbagai persiapan matang serta kemampuan dalam kualitas diri diperhitungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda dalam setiap jenjang training wajib yang ada di organisasi tersebut. "Ternyata, training LK II selain cangkupannya nasional, semua mahasiswa atau Anggota HmI diberbagai Cabang ikut jenjang training ini, kami pun meski benar-benar mempersiapkan dirinya, karena bobot materi yang berbeda," jelasnya.
Maka dari itu, dia menegaskan, dalam jenjang training LK II yang diikuti di cabang Karawang tersebut, dirinya tidak akan menyia-nyiakan begitu saja setiap bentuk pengetahuan baru yang didapat. Namun, Hal ini akan menjadi bekal untuk pelatihan tersebut akan menjadi pembekalan diri untuk dapat menjalankan roda organisasi di tataran cabangnya. "Semoga latihan LK II ini yang banyak peserta dari berbagai daerah tingkatan nasional ini, bisa menjadikan aku mampu mengelola traning di LK I ataupun training lainnya di cabang Pekalongan di mana aku terdaftar menjadi anggota," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template