Candi Jiwa Lokasi Waisak Tiga Provinsi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Candi Jiwa Lokasi Waisak Tiga Provinsi

Candi Jiwa Lokasi Waisak Tiga Provinsi

Written By Mang Raka on Selasa, 16 Mei 2017 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Puncak perayaan Hari Raya Waisak 2017 umat Buddha di Jawa Barat, DKI, dan Banten, akan kembali dipusatkan di Candi Jiwa, Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, tanggal 21 Mei mendatang.
Pembimbing Masyarakat Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Eko Supeno mengatakan, bukan kali ini saja Candi Jiwa digunakan untuk merayakan Waisak. Tapi sejak tahun 2008. "Mudah-mudahan dari Purbakala juga selalu mengizinkan," ujar Eko Supeno, di lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten Karawang, Senin (15/5).
Kepala Kemenag Karawang H Sopian menyampaikan, pihaknya selalu mendukung program kerukunan umat beragama. Diantaranya kegiatan keagamaan semua agama yang resmi di Indonesia. "Hari ini (kemarin) saya ngantar teman-teman ke bupati untuk persiapan acara Waisak di Candi Jiwa," ucapnya.
Natala Sumedha, yang merupakan panitia dalam acara Waisak tersebut menyampaikan, kegiatan tersebut rutin diadakan setahun sekali. Tahun ini kembali akan digelar pada tanggal 21 Mei 2017 mendatang. "Tempatnya kembali diadakan di Candi Jiwa, karena candi tersebut merupakan candi yang secara usia lebih tua dari Borobudur. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri," ungkapnya.
Menurutnya, Candi Jiwa merupakan tempat wisata religi yang dimiliki Karawang. Sudah seharusnya pemerintah terus mendorong agar Candi Jiwa lebih optimal lagi dikenalkan masyarakat luas. "Harus terus dikembangkan, kita (DPRD) juga akan terus dorong," tambahnya.
Perayaan Waisak nanti, akan hadir sekitar 1000 orang dari Jawa Barat, DKI dan Banten. Itu juga menjadi keuntungan bagi Karawang untuk terus meningkatkan potensi PAD dari perhotelan dan pariwisata. "Karena sebelum tanggal 21, tentu mereka akan nginap dulu di Karawang. Di hotel-hotel. Jadi lumayan untuk mendongkrak PAD Karawang," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template