Bandara Karawang Segera Terwujud - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bandara Karawang Segera Terwujud

Bandara Karawang Segera Terwujud

Written By Mang Raka on Senin, 08 Mei 2017 | 12.00.00

-Ditambah Stasiun Kereta Cepat

KARAWANG, RAKA - Dicoret dari daftar proyek startegis nasional bersama 17 proyek, yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, ternyata tidak lantas membuat rencana pembangunan bandara di Kabupaten Karawang terkubur.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang Eka Sanatha optimis, bandara yang diproyeksi bakal membantu mengurai kepadatan Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, itu bisa terwujud bersama proyek stasiun cepat. Kesimpulan itu diperolehnya setelah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat. "Saya kemarin diundang untuk membahas tata ruang, kaitan dengan stasiun cepat. Bahkan bandara juga masih tetap ada di Karawang," ujar Eka kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 69 Tahun 2013 tentang Kebandaraan Nasional, Karawang salah satu daerah yang disiapkan untuk bandara tersebut. "Beda sama Kertajati, kalau Karawang bandara internasional," katanya.
Sedangkan kereta cepat yang dikhawatirkan memperburuk kemacetan lalulintas di Kota Pangkal Perjuangan, menurut Eka hal itu menjadi konsekuensi pemerintah daerah. Perlu kajian, sehingga rekayasa lalulintas juga menjadi hal yang sangat penting. Termasuk persiapan membuka jalan-jalan baru. "Untuk kereta cepat, nanti stasiunnya akan ada di Karawang. Ini keuntungan bagi warga Karawang tentunya," ujarnya.
Untuk menyukseskan kedua proyek tersebut, pemda bersama legislatif akan menyusun Peraturan Daerah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Sedangkan perda yang saat ini sudah dimiliki baru rencana tata ruang wilayah. Bahkan dia memastikan Perda RDTR tersebut bisa tuntas di 2017. "Kami hanya tinggal menyusun perdanya," tambahnya.
Sementara Ketua Badan Legislasi DPRD Karawang H Acep Suyatna menyampaikan, Perda RDTR merupakan salah satu raperda yang akan digarap oleh legislatif bersama eksekutif tahun ini. Didalamnya akan tertuang secara detail peruntukan pembangunan Karawang. "Iya masuk tahun ini (Perda RDTR). Kami masih menunggu naskah akademiknya," ujar Acep.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template