Bajing Kiring Mendunia - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bajing Kiring Mendunia

Bajing Kiring Mendunia

Written By Mang Raka on Selasa, 02 Mei 2017 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Semakin tua semakin jadi. Jerih payah selama 35 tahun perjalanan mengarungi dunia pencak silat, akhirnya terbayar tuntas. Bajing Kiring selain berhasil menjadi Juara Umum III Pencak Silat Internasional, juga mendapat penghargaan dari Original Record Indonesia Award.
Ketua Umum Bajing Kiring Agus Ruhiyat S.Pd menyampaikan, merayakan ulang tahun yang ke-35, pihaknya mengundang 19 padepokan. "Alhamdulillah dari 19 padepokan semuanya hadir memeriahkan. Ada yang dari Bandung Padepokan Gajah Putih, dari Bogor Paku Bumi dan yang lainnya," ujarnya kepada Radar Karawang.
Menurutnya, perayaan hari jadi Bajing Kiring pada tahun ini yang paling berkesan. Selain dihadiri perguruan silat dari berbagai daerah, juga mendapatkan peghargaan sebagai perguruan yang masih tetap eksis mempertahankan kebudayaan asli Indonesia, yaitu pencak silat. "Alhamdulillah tahun ini kita dapatkan penghargaan dari Original Record Indonesia Award, yang langsung diberikan presidennya, Agung Elpiano," ujarnya.
Ia juga mengatakan, agenda rutin tahunan yang bertemakan "Bajing Kiring Kedepan Harus Lebih Maju", menjadi pemicu para pengurus mencetak generasi muda yang mampu berprestasi, dan menjadi contoh bagi masyarakat. "Alhamdulillah belum lama kita dapatkan Juara Umum III Pencak Silat Internasional," ujarnya.
Dirinya berharap agar perguruan Bajing Kiring terus membesar, terutama di Kabupaten Karawang yang saat ini tersebar di 8 kecamatan. "Kita punya padepokan, tempat binaraga, dan musala. Kita berharap pemerintah dapat memperhatikan keberadaan padepokan," pesannya.
Guru Muda Bajing Kiring Raden Encep Permana, menginginkan jika anak didiknya di masa ke masa mampu melestasikan nilai adat istiadat. Terutama budaya bangsa, yang saat ini banyak yang tidak mengetahui jika pencak silat merupakan warisan asli dari nenek moyang bangsa Indonesia. "Tidak lain dan tidak bukan. Saya ingin anak-anak terus berprestasi," ujarnya.
Presiden Original Record Indonesia Award Agung Elpiano menyampaikan, pencak silat merupakan salah satu budaya asli bangsa Indonesia, yang jarang orang mengenal bahkan mengetahui jika pencak silat adalah salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. "Harapan saya pencak silat terus berkembang, tetap jadi nomor satu. Dan diharapkan pemerintah setempat tetap mendukung kearifan budaya lokal," pesannya. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template