Aher Kampanye Gotong Royong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Aher Kampanye Gotong Royong

Aher Kampanye Gotong Royong

Written By Mang Raka on Rabu, 17 Mei 2017 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Aksi gotong-royong yang mulai luntur, kembali dikampanyekan lewat kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Provinsi Jawa Barat di Lapangan Karangpawitan, Selasa (16/5).
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, sebenarnya bisa diselesaikan secara gotong royong. "Tidak mungkin negara hadir di ruang-ruang yang sangat pelik. Karena itu hanya bisa diselesaikan oleh kita secara bersama-sama secara bergotong royong," kata Aher di sela-sela kegiatan.
Dia mencontohkan, seperti permasalahan antartetangga, permasalahan lingkungan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya, tentu negara tidak mungkin bisa menyentuh sampai hal-hal detil seperti itu. Satu-satunya yang bisa menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat, adalah masyarakatnya sendiri. Dan selama ini yang paling bisa mengambil ruang-ruang itu adalah Tim Penggerak PKK, yang notabene hampir semuanya adalah perempuan. Seperti pemantauan kesehatan balita melalui posyandu secara rutin, pendidikan anak usia dini dan lain sebagainya. "Peran PKK sangat luar biasa. Saya sepakat kaum perempuan itu luar biasa hebatnya. Mereka adalah pusat kehidupan," tambahnya.
Dia mengajak kepada warga Jawa Barat khususnya yang hadir dalam kegiatan tersebut, agar bisa membagi tugas antara laki-laki dan perempuan, baik dalam rumah tangga maupun dalam kehidupan bernegara. Karena sesungguhnya antara laki-laki dan perempuan, itu memiliki peluang yang sama, kecuali hal-hal yang kodrati seperti melahirkan dan menyusui. "Mari kita bergotong royong. Mari kita berbagi tugas-tugas rumah tangga dan bernegara secara berkadilan, antara laki-laki dan perempuan. Itulah yang seharusnya dilakukan," ujarnya.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyampaikan, suka tidak suka, sikap gotong royong yang menjadi warisan leluhur bangsa Indonesia semakin luntur. Lewat kegiatan BBGRM diharapkan bisa meningkatkan kekompakan desa, atau kelurahan di Jawa Barat. "Kalau sikap gotong royong terus ditingkatkan, maka saya yakin permasalahan masyarakat di Jawa Barat bisa selesai," ujarnya.
Selesai kegiatan seremonial, Muspida Provinsi Jawa Barat didampingi beberapa kepala daerah di Jawa Barat yang hadir dalam kegiatan tersebut. mengelilingi stan-stan pameran yang terdiri dari berbagai UKM, OPD termasuk kabupaten/kota se-Jawa Barat. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template