9 Jam Padamkan Api di Empat Pabrik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 9 Jam Padamkan Api di Empat Pabrik

9 Jam Padamkan Api di Empat Pabrik

Written By Mang Raka on Selasa, 02 Mei 2017 | 12.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Empat perusahaan swasta di kawasan Bukit Indah City (BIC) di Kecamatan Bungursari terbakar hebat, Minggu (30/4) lalu. Empat perusahaan tersebut masing-masing PT Sanwa Musren (produsen kabel elektronik, PT Totoku Ind (produsen elektronik dinamo), kemudian PT Isikawa IMC Tecno dan PT Precious. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, tujuh gedung perkantoran milik empat perusahaan tersebut nyaris ludes dilalap si jago merah. Proses pemadaman membutuhkan waktu sekitar 9 jam.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar-PB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, kebakaran empat pabrik ini terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Empat pabrik tersebut saling bersebelahan, tepatnya di Blok A1 Kawasan BIC Bungursari. Dari nformasi yang diterima jajaranya, kata Wibi, sumber kobaran api berasal dari ?sebuah gedung di PT Sanwa Musren. Di perusahaan tersebut api terus membesar kemudian dengan cepat api merambat ke tiga pabrik lain yang ada di sekitarnya.
"Setelah ada laporan dari warga, kami bergegas ke lokasi untuk memadamkan kobaran api," kata dia.
Untuk memadamkan api, lanjut dia, jajarannya mengerahkan empat unit armada damkar untuk penanggulangan kebakaran di empat perusahaan tersebut. Namun, melihat kondisi kebakaran hebat tersebut, pihaknya mendapat bantuan satu unit armada dari pengelola KBI, serta dua unit dari Damkar Karawang. Tak hanya itu, di lokasi kejadian pun disiagakan armada rescue dan ambulans sebagai antisipasi. Saat evakuasi, pihaknya sedikit mengalami kesulitan. Karena, suhu panas yang sangat tinggi ditambah asap hitam tebal yang bersumber dari terbakarnya pabrik tersebut, membuat jarang pandang menjadi berkurang. "Api baru bisa dipadamkan total sekitar pukul 09.00 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini," ujarnya.
Penanganan lebih lanjut, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisian guna menyelidiki penyebab kebakaran yang membuat geger warga Purwakarta ini. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template