Warga Minta Tempat Buang Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Minta Tempat Buang Sampah

Warga Minta Tempat Buang Sampah

Written By Mang Raka on Sabtu, 01 April 2017 | 16.00.00

PANGKALAN, RAKA -  Dalam rangka Gerakan Nasional Indonesia bersih (GNIB) Koramil 0410 Pangkalan bekerjasama dengan masyarakat Desa Mekarbuana juga Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang, meakukan kerja bakti. Targetnya pembersihan dan menetralisir saluran air dari sampah organik juga Non Organik di Sungai Cileutik Desa Mekarbuana, Jumat (31/3).

Dengan volume panjang sungai sekitar satu kilometer, Anggota Koramil yang langsung di pimpin oleh,  Danramil 0410 Pangkalan, Kapten Inf. Suryadi, dan Kepala desa Mekarbuana, Jaji maryono. SP, pun inisiasi kegiatan tersebut. Rute wilayah  dimulai dari Kampung Parakan Badak RT 05 / RW 02 disambut antusias warga dan aparatur desa Mekarbuana.
Kegiatan Karya Bhakti TNI  dalam rangka Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) dengan sasaran Kecamatan Tegalwaru dengn titik akhir pembersihan di depan Kantor Desa Mekarbuana dibarengi dengan andil warga yang ikut juga dalam kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan saluran irigasi menjadi lancar, sehingga sawah-sawah warga tidak kekurangan air .Secara umum Desa Mekarbuana sangat potensial untuk pengembangan pertanian. Dan dengan pelaksanaan tersebut bukan hanya masalah sampah yang teratasi juga saluran air tidak mudah tersumbat.
Danramil 0410 Pangkalan Kapten. Inf. Suryadi menegaskan agar kegiatan itu menjadi pelopor dan masyarakat akan menjadi terbiasa melakukan kegiatan kerja bakti. Diakuinya jika saat ini persoalan sampah cukup pelik dan harapannya ke depan warga berinisiatif membangun tempat sampah akhir. "Sungai tidak lagi menjadi tempat akhir membuang sampah karena sejatinya sungai merupakan sarana pengairan yang bukan saja berguna bagi para petani namun bagi kelangsungan hidup," ucapnya.
Hal senada diutarakan Kepala Desa Mekarbuana, Jaji Maryono. SP. Dirinya mengapresiasi Koramil 0410 Pangkalan yang sudah berkontribusi terhadap wilayahnya dengan laksanakan kebersihan saluran sungai cileutik. "Mudah-mudahan masyarakat akan berfikir kritis lagi dengan keadaan sungai, dan saya ucapkan terimakasih kepada Koramil pangkalan yang sudah menginisiasi dan menyelenggarakan kegiatan manunggalnya TNI di wilayah kami," terangnya.
Sementara, Eyod (40) warga Kampung Parakan Badak, menuturkan kendala saat ini warga yaitu TPA (tempat pembuangan akhir) sampah. Harapannya dengan diadakannya GNIB ini membawa semangat baru kepada masyarakat agar sungai tidak lagi di jadikan tempat membuang sampah. "Pemerintah pun seyogyanya memikirkan cara dan solusi agar sampah tidak lagi di buang di sungai dan sungai akan terbebas dari sampah," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template