Tidak Gampang Bubarkan THL Pertanian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tidak Gampang Bubarkan THL Pertanian

Tidak Gampang Bubarkan THL Pertanian

Written By ayah satria on Sabtu, 29 April 2017 | 13.40.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Tenaga Harian Lepas (THL) yang disebut-sebut titipan disejumlah instansi dipastikan Persatuan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Karawang tidak ada diligkungan Dinas Pertanian. Pasalnya, sejumlah THL yang ada dilingkungan dinas merupakan penyuluh yang jelas kontrak dan pengangkatannya langsung dari Pemerintah Provinsi maupun Pusat.
Dikatakan Ketua Perhiptani Karawang, Yoyo Sutaryo, Jumat (28/4) pihaknya menilai pernyataan Wabup terkait keberadaan THL yang tidak efektif dan harus dibubarkan sebagiannya lantaran banyak titipan, nampaknya keliru jika dialamatkan ke Dinas Pertanian Karawang, kecuali THL di instansi lain yang memang tidak jelas kontraknya. Sebab, sebut Yoyo, THL atau penyuluh pertanian yang ada dilingkungan Dinas Pertanian adalah putra putri terbaik yang mengemban tugas untuk meringankan Pemkab karawang di sektor Pertanian. Karena rata-rata THL sudah mengantongi SK Kontrak yang jelas sejak lama, baik yang dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. "Mungkin THL yang jelek itu adalah yang tidak jelas kontraknya, kalau pertanian kan semuanya kantongi SK Pusat dan Provinsi," ujarnya.
Lebih dari itu sambung Yoyo, pihaknya tidak faham jika ada THL yang dititip-titip pejabat tertentu, yang jelas THL dilingkungan Dinas Pertanian itu sudah resmi semua, karena SK nya langsung dari Menteri Pertanian dan Gubernur. Kalaupun dianggap THL ini juga membebankan belanja daerah dari Kabupaten, sejauh ini yang diterima THL Pertanian diakui Yoyo, masih alakadarnya saja dan tidak membuat jebol anggaran yang ada. Ini yang harus menjadi perhatian Pemkab soal keberadaan THL dilingkungan Dinas Pertanian. "Soal honor ada tambahan saja dari Pemkab, alakadarnya," ujarnya.
Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Karawang, Endang Wawan mengatakan, jumlah THL pertanian di Karawang semuanya memiliki SK kontrak dari Pusat dan Provinsi. Sepengetahuan yang ia tahu, hanya 3 orang saja THL di bidangnya yang merupakan THL Kabupaten, selebihnnya jumlah tersebut mungkin ada di kepegawaian. "Kalau di bidang kami ada 3 THL yang dari Kabupaten mah, lainnya setahu saya mah, ya bidang pegawaian," ujarnya.
Sebelumnya, Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakshyari mengatakan dalam sidaknya ke Dinas Pertanian dan Dinas kesehatan Karawang baru-baru ini, menyayangkan banyaknya THL yang dipekerjakan menghandel kinerja para PNS yang semestinya sempurna bekerja. Kalau melihat kondisi seperti ini, mungkin akan dikaji ulang, bahkan dipangkas sejumlah THL yang ada. Sebab, selain membebani belanja daerah, juga efektifitas produktivitas kerja pada PNS nya menjadi kurang baik. Lagi pula sindir wabup yang akrap disapa Jimmy ini, rata-rata THL ini adalah titipan dari pejabat-pejabat teras untuk dipekerjakan. "Bisa dipangkas kalau seperti ini, masa PNS pekerjaannya kebanyakan dihandel para THL," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template